3 Cara download sertifikat vaksin Covid-19 lewat Pedulilindungi.id

Kamis, 05 Agustus 2021 | 08:11 WIB Sumber: Kompas.com
3 Cara download sertifikat vaksin Covid-19 lewat Pedulilindungi.id

ILUSTRASI. Cara download dan cara cetak sertifikat vaksin Covid-19 dari situs Pedulilindungi.id sendiri tergolong mudah. ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/Lmo/foc.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jangan lewatkan informasi tentang sertifikat vaksin Covid-19. Hal ini sangat penting bagi Anda yang hendak melakukan vaksinasi. Setelah mengikuti vaksinasi Covid-19, peserta akan diberikan sertifikat vaksin Covid-19 dalam bentuk fisik berupa kartu, atau dalam bentuk non-fisik yakni digital. 

Ada dua sertifikat yang akan diberikan, jika seseorang menjalani kedua tahap vaksinasi. Kedua sertifikat vaksin Covid-19 ini berguna sebagai tanda bukti jika peserta telah menerima vaksin Covid-19. 

Sebagian penerima vaksin mungkin ingin download sertifikat vaksin Covid-19 itu dari situs PeduliLindungi.id, sebagai kelengkapan dokumen. 

Cara download sertifikat vaksin Covid-19 dan cara cetak sertifikat vaksin Covid-19 dari situs Pedulilindungi.id sendiri tergolong mudah. Anda bahkan bisa mencetaknya sendiri seperti KTP dari rumah. 

Lalu, bagaimana cara download sertifikat vaksin Covid-19? 

Berikut ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk download sertifikat vaksin Covid-19. 

Baca Juga: YLKI: Sertifikat vaksinasi untuk akses layanan publik belum tepat diterapkan saat ini

Download sertifikat vaksin melalui SMS 

Peserta yang sudah melakukan vaksin Covid-19, akan memperoleh SMS dari nomor 1199 yang menyatakan telah berhasil mengikuti vaksinasi tahap pertama. 

SMS itu berisi nama lengkap, nomor NIK, nomor tiket vaksin, dan jadwal vaksin dosis kedua lengkap dengan tanggal serta lokasi vaksinasi. 

Di dalam pesan singkat tersebut, juga tercantum link untuk melihat sertifikat vaksin digital sebagai bukti telah selesai melakukan vaksin pertama. 

Baca Juga: Cara cek dan download sertifikat vaksin Covid-19 di PeduliLindungi

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru