4 Bahan alami ini bisa jadi cara membersihkan telinga

Selasa, 20 Juli 2021 | 12:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Bahan alami ini bisa jadi cara membersihkan telinga

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski memiliki mekanisme untuk membersihkan kotoran secara otomatis, cara membersihkan telinga tetap perlu Anda lakukan. Tujuannya agar kotoran yang sulit hilang tidak mengganggu fungsi indra pendengaran Anda.

Ada banyak pembersih telinga yang dapat Anda temukan di pasaran. Selain itu, memanfaatkan bahan alami juga dapat Anda jadikan pilihan. Meski demikian, Anda tetap perlu melakukan uji coba terlebih dahulu, ya.

Supaya lebih aman, jangan lupa untuk meminta saran dokter. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi risiko efek samping yang mungkin terjadi. Perlu diperhatikan bahwa bahan alami ini hanya bersifat sementara. Jika masalah pada telinga terus Anda alami, segera periksakan diri ke dokter.

Minyak Zaitun

NDTV Food (food.ndtv.com) mengatakan bahwa minyak zaitun dapat dimanfaatkan untuk membersihkan kotoran telinga. Bahan alami itu mampu melunakkan kotoran telinga sehingga lebih mudah untuk dibersihkan.

Tidak berhenti sampai di situ, antiseptik yang terkandung dalam minyak zaitun juga efektif mencegah infeksi. Caranya, hangatkan minyak zaitun lalu masukkan beberapa tetes ke lubang telinga memakai alat tetes. Diamkan selama 10 menit lalu miringkan kepala ke arah berlawanan supaya kotoran keluar.

Baca Juga: Terbuat dari bahan-bahan alami, berikut 4 rekomedasi obat tetes telinga

Air Hangat

Air hangat juga bisa Anda pakai sebagai cara membersihkan telinga, lo. Anda hanya perlu memasukkan beberapa tetes air hangat pada lubang telinga, diamkan selama beberapa saat, lalu miringkan kepala ke arah berlawanan. Meski mudah, Anda perlu ekstra hati-hati supaya tak ada efek samping yang muncul.

Hidrogen Peroksida

Cara membersihkan telinga berikutnya adalah dengan memakai hidrogen peroksida. Pertama, campur hidrogen peroksida (3%) dan air dengan perbandingan yang sama. Masukkan beberapa tetes air tersebut ke telinga, diamkan selama beberapa saat, lalu miringkan kepala ke arah berlawanan.

Baca Juga: 4 Cara membersihkan telinga, bisa pakai bahan alami, lo

Garam

Cara membersihkan telinga bisa pakai air garam.

Bahan alami lain yang direkomendasikan NDTV Food untuk membersihkan kotoran di telinga adalah garam. Sama seperti bahan alami yang lain, garam dapat melunakkan kotoran, jadi lebih mudah untuk dikeluarkan dari telinga.

Caranya, campur 1 sdt garam dalam ½ gelas air hangat. Aduk hingga garam benar-benar larut kemudian basahi kapas dengan larutan itu. Selanjutnya, peras kapas supaya larutan garam dapat masuk ke telinga. Diamkan selama lima menit kemudian miringkan kepala ke arah berlawanan untuk mengeluarkan kotoran.

Selanjutnya: 4 Bahan alami untuk obat tetes telinga

Editor: Belladina Biananda
Terbaru