4 bahan alami ini bisa menjadi obat radang gusi

Rabu, 13 Oktober 2021 | 18:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 bahan alami ini bisa menjadi obat radang gusi

KONTAN.CO.ID - Radang gusi merupakan salah satu penyakit gigi dan mulut yang cukup sering terjadi. Anda membutuhkan obat radang gusi supaya masalah kesehatan itu tak semakin parah.

Selain obat-obat di apotek, Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami. Jika radang gusi sering Anda alami, ada baiknya untuk memerhatikan asupan nutrisi Anda sehari-hari.

Cobalah untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin C, kalsium, dan asam folat. Misalnya, jeruk, tahu, dan brokoli.

Biasanya, radang gusi yang terus terjadi disebabkan karena tubuh kekurangan nutrisi-nutrisi itu. Nah, jika kebutuhan nutrisi tubuh sudah terpenuhi, radang gusi bisa Anda obati dengan bahan-bahan alami di bawah ini:

Kunyit

Antioksidan dan antiinflamasi yang terdapat di kunyit membantu meredakan peradangan di gusi. Tidak berhenti sampai di situ, Deekay Dental mengatakan bahwa rasa sakit yang muncul pun dapat berkurang.

Cara yang perlu Anda lakukan sangat mudah. Pertama, campur ┬╝ sdt kunyit dan sedikit air dalam sebuah wadah. Aduk rata sampai berbentuk pasta kemudian aplikasikan pada gusi yang meradang.

Setelah lima menit, berkumurlah dengan air hangat. Lakukan langkah tersebut setiap hari sampai rasa sakit hilang.

Baca Juga: 5 Faktor penyebab bau mulut yang perlu Anda waspadai

Air garam

Obat radang gusi yang bisa Anda pakai adalah air garam.

Berkumur dengan air garam bisa meredakan radang gusi, lo. Selain itu, air garam juga bisa mencegah infeksi bakteri. Langkah yang perlu Anda lakukan hanyalah berkumur dengan larutan garam hangat sebanyak dua kali dalam sehari.

Tea tree oil

Obat radang gusi berikutnya yang bisa Anda jadikan opsi adalah tea tree oil. Selain memiliki antiinflamasi, tea tree oil juga mengandung antibiotik yang mana mampu mengurangi rasa sakit dengan lebih cepat.

Caranya, campur beberapa tetes tea tree oil dalam segelas air lalu gunakanlah untuk berkumur.

Baca Juga: Kenali 10 penyebab lidah terasa pahit

Kantung teh

Teh hijau dan jenis teh yang lain bisa jadi obat radang gusi.

Selanjutnya, Deekay Dental menyarankan Anda untuk memakai kantung teh. Supaya efeknya lebih terasa, cobalah untuk memakai teh hijau, teh hijau, atau teh kamomil. Jenis-jenis teh itu memiliki astringen alami dan antiinflamasi yang cukup banyak.

Anda perlu merendam kantung teh pilihan Anda dalam air panas selama 5 menit terlebih dahulu. Selanjutnya, diamkan kantung teh sebentar supaya tak terlalu panas saat Anda gunakan. Aplikasikan kantung teh pada gusi yang meradang secara teratur.

Selanjutnya: Membantu meredakan diabetes, ini 7 manfaat daun sirih merah sebagai obat herbal

Editor: Belladina Biananda
Terbaru