4 Bahan alami yang bisa Anda jadikan obat gatal kulit

Senin, 24 Mei 2021 | 20:50 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Bahan alami yang bisa Anda jadikan obat gatal kulit

KONTAN.CO.ID - Sebaiknya, jangan abaikan kulit yang terasa gatal. Anda bisa mengatasinya dengan memakai berbagai macam obat gatal kulit. Salah satunya, dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda.

Jika kulit gatal terus dibiarkan, bukan tidak mungkin Anda mengalami infeksi. Apalagi, kalau Anda memiliki kebiasaan menggaruk kulit. Dengan memanfaatkan bahan-bahan alami ini, risiko tersebut dapat Anda hindari.

Namun, usahakan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter, ya. Terlebih, jika muncul masalah kulit yang lain, seperti kulit kemerahan dan bersisik, muncul nanah. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang tepat.

Minyak kelapa

Situs The Healthy merekomendasikan minyak kelapa untuk mengatasi rasa gatal yang muncul di kulit. Selain minyak kelapa, Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun.

Aplikasikan jenis minyak itu pada bagian kulit yang gatal secara rutin supaya rasa gatal bisa hilang dengan lebih cepat.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan kutu rambut dengan bahan alami

Baking soda

Tahukah Anda bahwa baking soda juga bisa dimanfaatkan sebagai obat gatal kulit? Baking soda mampu mengurangi tingkat keasaman sehingga pH kulit pun bisa lebih seimbang.

Dengan begitu, kulit meradang atau yang mengalami inflamasi bisa sembuh. Tak hanya itu, baking soda juga berperan sebagai antiseptik yang efektif membunuh bakteri penyebab masalah kulit.

Meski demikian, Anda perlu memerhatikan kondisi kulit Anda. Segera hentikan pemakaian jika baking soda justru memperparah kondisi kulit.

Lidah buaya

Lidah buaya tidak boleh ketinggalan dari daftar bahan alami yang digunakan sebagai obat kulit gatal. Bahan alami tersebut mengandung antiinflamasi yang efektif mengatasi peradangan pada kulit.

Cobalah untuk menggunakan gel lidah buaya organik pada kulit yang gatal.

Baca Juga: Bisa jadi obat sakit kepala, ini 4 manfaat kulit pisang

Oatmeal

Salah satu manfaat oatmeal adalah digunakan sebagai obat gatal kulit.

Selain enak dikonsumsi, oatmeal juga bisa mengatasi rasa gatal pada kulit, lo. Mengutip dari The Healthy, oatmeal memiliki kandungan antiinflamasi yang cukup tinggi sehingga mampu mengurangi rasa gatal.

Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah. Pertama-tama, campur bubuk oatmeal dalam air yang Anda gunakan untuk mandi. Gunakan cara tersebut secara rutin sampai rasa gatal di kulit hilang.

Tak hanya mengurangi rasa gatal, mandi dengan air yang dicampur oatmeal juga bisa menyembuhkan luka bakar dengan lebih cepat.

Selanjutnya: 4 Rekomendasi obat ambeien, bisa dari bahan alami, lo

Editor: Belladina Biananda
Terbaru