4 Bahan ini bisa jadi cara menghilangkan bekas luka

Jumat, 09 Juli 2021 | 14:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Bahan ini bisa jadi cara menghilangkan bekas luka

ILUSTRASI. Madu dapat Anda manfaatkan sebagai salah satu cara menghilangkan bekas luka.


KESEHATAN - JAKARTA. Memiliki bekas luka memang tak berbahaya untuk kesehatan secara keseluruhan. Namun, masalah kulit itu bisa mengganggu penampilan. Apalagi jika terletak di bagian tubuh yang mudah terlihat. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara menghilangkan bekas luka.

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Namun, perlu diingat bahwa Anda membutuhkan waktu yang tidak sebentar hingga bekas luka benar-benar hilang. Selain itu, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

Melakukan uji coba dulu juga bisa Anda lakukan. Tujuannya untuk melihat apakah ada reaksi alergi yang muncul atau tidak. Jika reaksi alergi tidak muncul, Anda bisa melanjutkan pemakaian beberapa bahan alami ini.

Madu

Melansir Healthline (healthline.com), madu bisa jadi salah satu penghilang bekas luka. Anda hanya perlu mengaplikasikan madu pada bekas luka sebelum tidur di malam hari. Jangan lupa untuk menutupnya dengan perban agar madu dapat terserap kulit secara maksimal.

Baca Juga: Pakai bahan alami, ini 4 cara menghilangkan bekas luka

Cuka Apel

Cara menghilangkan bekas luka selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan cuka apel. Karena mengandung zat asam yang cukup tinggi, pastikan untuk mengencerkan cuka apel terlebih dahulu, ya.

Pertama, Anda perlu mencampur 4 sdm cuka apel dengan 2 sdm air. Setelah teraduk rata, celupkan kapas pada campuran itu lalu aplikasikan air cuka apel pada bekas luka. Supaya bisa terserap secara maksimal, cobalah untuk melakukan cara tersebut sebelum tidur di malam hari.

Lidah Buaya

Salah satu cara menghilangkan bekas luka adalah pakai lidah buaya.

Lidah buaya tidak boleh ketinggalam dari bahan alami yang digunakan untuk menyembuhkan bekas luka. Healthline merekomendasikan Anda untuk mengoleskan lidah buaya pada bekas luka dengan gerakan memutar. Diamkan selama setengah jam lalu bilas dengan air dingin.

Baca Juga: Bekas luka bakar bisa mengganggu penampilan, ini cara menghilangkan dan mencegahnya

Minyak Kelapa

Jika Anda mencari cara menghilangkan bekas luka, tak ada salahnya untuk mencoba minyak kelapa. Pertama, hangatkan minyak kelapa sebentar hingga teksturnya mencair. Gosokkan minyak itu pada bekas luka selama 10 menit.

Anda perlu mendiamkannya dulu selama sekitar 1 jam. Tujuannya supaya kulit dapat menyerap nutrisi minyak kelapa secara optimal. Untuk mendapatkan hasil terbaik, usahakan untuk memakai minyak kelapa tiap dua hingga empat jam sekali.

Selanjutnya: 5 Langkah tepat mengobati luka bakar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru