4 Cara mendapatkan uang dari Tiktok, siapa yang mau mencoba?

Selasa, 31 Agustus 2021 | 09:18 WIB Sumber: Kompas.com
4 Cara mendapatkan uang dari Tiktok, siapa yang mau mencoba?

ILUSTRASI. Ada beragam cara mendapatkan uang dari TikTok. Siapa yang berminat mencoba? REUTERS/Mike Blake


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Aplikasi video sharing, Tiktok, tengah populer di Indonesia. Nah, ada beragam cara mendapatkan uang dari TikTok. Meski di awal kemunculannya sempat dicemooh, nyatanya kepopuleran TikTok justru semakin meningkat. Penggemarnya pun tak kenal usia, tua maupun muda. 

Di Tanah Air, aplikasi ini bahkan sempat diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika karena dianggap menampilkan konten negatif dan meresahkan. 

Jumlah pengguna aplikasi besutan ByteDance asal China ini sudah bisa bersanding dengan aplikasi media sosial lainnya seperti Twitter, Facebook, dan Instagram. Nah yang menarik, TikTok juga bisa mendatangkan pundi-pundi uang. 

Ada beragam cara mendapatkan uang dari TikTok. 

Baca Juga: 5 Aplikasi Android untuk Mengedit Reels Instagram

Dilansir dari Forbes, berikut beberapa langkah cara mendapatkan uang dari TikTok di tahap awal: 

1. Membuat merek 

Buat merek bisa berarti bagaimana membuat Anda dikenal dengan mudah. Merek di sini artinya adalah jatidiri Anda. Di bidang marketing atau pemasaran, merek yang berkesan adalah dasar dari bisnis apa pun yang menghasilkan uang. 

Sebagaimana akun Instagram dan Youtube yang bisa bisa menghasilkan uang bagi sebagian orang, buatlah akun TikTok yang memiliki target pasar yang jelas. 

Siapa Anda dan siapa pengguna TikTok yang akan disasar dan berpotensi menyukai konten yang dibuat. 

Baca Juga: TikTokers Minimalis Ini Bagikan Konten Bersih-Bersih Rumah, Bisa Jadi Inspirasi, Lo

Untuk TikTok, ini berarti Anda harus memiliki gambaran tentang jenis video yang akan Anda posting, dan konsisten mengunggahnya. 

Tentukan sedari awal akankah video Anda menghibur atau bertemakan humor atau travelling? Atau apakah Anda membuat konten bertemakan romantisme atau tentang perjalanan mencicipi kuliner makanan dan minuman di berbagai tempat? Atau tema lainnya yang sesuai dengan Anda. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru