4 Cara Mengendalikan Emosi yang Patut Anda Coba, Yuk!

Selasa, 14 Juni 2022 | 12:07 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
4 Cara Mengendalikan Emosi yang Patut Anda Coba, Yuk!


KESEHATAN -Jakarta. Bagi Anda yang mempunyai masalah dalam mengendalikan emosi tidak usah khawatir. Pasalnya, ada beberapa cara mengendalikan emosi yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

Dilansir dari Inc, mengendalikan emosi dengan baik sangat bermanfaat untuk kekuatan dan kesehatan mental. Awalnya mengendalikan emosi mungkin bukan hal yang mudah. Namun, jika dilakukan secara sabar dan konsisten hal tersebut akan membuat Anda terbiasa mengendalikan emosi dengan baik. 

Sebelum itu, Anda perlu mengetahui penyebab dan emosi apa yang sedang dialami. Contohnya, jika sedang marah Anda mesti mengetahui bahwa Anda sedang dalam kondisi marah. Pasalnya, dengan menyadari hal tersebut dapat membantu Anda mengendalikan emosi. 

Baca Juga: 7 Manfaat Biji Adas Untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui, Simak!

Meski ada beberapa cara alternatif yang bisa Anda lakukan untuk mengedalikan emosi. Sebaiknya Anda juga berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis lainnya. Bukan tanpa alasan, hal tersebut akan membuat Anda lebih cepat dapat mengendalikan emosi. 

Melansir dari Inc, simak beberapa cara alternatif mengendalikan emosi yang dapat Anda lakukan, di antaranya: 

Mood Booster

Mencari mood booster adalah hal penting untuk menjaga kesehatan mental Anda, khususnya untuk mengendalikan emosi. Setiap orang mempunyai mood booster yang berbeda-beda. Oleh sebab itu lakukanlah hal yang dapat membuat membuat perasaan Anda menjadi lebih baik. 

Baca Juga: 5 Makanan Ini Bisa Meringankan Mata Minus, Perlu Dicatat!

Olahraga

Tahukah Anda bahwa olahraga dapat menjadi cara yang cukup efektif mengendalikan emosi?

Beberapa jenis olahraga dapat membantu Anda mengatasi masalah dalam mengendalikan emosi, salah satunya yoga. Yoga adalah olahraga tidak hanya  melatih kekuatan fisik, melainkan juga kelenturan, pernapasan hingga mental. 

Oleh sebab itu yoga sangat cocok dilakukan jika Anda mempunyai masalah dalam mengendalikan emosi. Namun, tidak menutup kemungkinan jika Anda menyukai olahraga lainnya. 

Menulis

Cara mengendalikan emosi selanjutnya Anda bisa coba menulis. Contohnya Anda dapat menulis jurnal. Dengan menulis Anda dapat menuangkan berbagai emosi yang dirasakan ke dalam sebuah jurnal.

Selain menjadi sebuah karya yang Anda buat, jurnal tersebut juga dapat Anda jadikan patokan keberhasilan Anda dalam mengendalikan emosi yang sebelumnya menjadi sebuah masalah. 

Baca Juga: Hati-Hati! Ini Efek Samping Kunyit dan Cara Menghindarinya

Berlatih Mengendalikan Emosi

Dilansir dari Inc, untuk dapat mengatasi masalah dalam mengendalikan emosi Anda perlu berkonsentrasi melakukan hal-hal di atas secara konsisten. Jika sudah mulai terbiasa, seiring berjalannya waktu Anda akan dapat mengendalikan emosi dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru