4 Cara menghilangkan bau mulut ini efektif, apa saja?

Selasa, 11 Mei 2021 | 14:43 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara menghilangkan bau mulut ini efektif, apa saja?

ILUSTRASI. Cara menghilangkan bau mulut perlu segera Anda lakukan supaya kesehatan terjaga. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain menurunkan kepercayaan diri, ternyata bau mulut yang tidak sedap juga bisa jadi tanda adanya masalah kesehatan gigi dan mulut, lo. Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir karena ada beragam cara menghilangkan bau mulut.

Mengutip dari Galvez Dental (galvezdentalstockton.com), salah satu penyebab bau mulut adalah gingivitis. Gingivitis adalah kondisi di mana jaringan di sekitar gigi mengalami inflamasi. Akibatnya, gusi menjadi lebih mudah bengkak dan berdarah sehingga bau mulut pun menjadi tak sedap.

Anda perlu menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan cara menyikat gigi dua kali dalam sehari. Jangan lupa untuk menggunakan benang gigi dan obat kumur supaya bau mulut tetap segar. Jika belum cukup, beberapa bahan alami ini bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau mulut.

Lemon

Lemon bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut, lo. Zat asam yang terkandung dalam jenis buah itu efektif meningkatkan produksi air liur sehingga bau mulut tak sedap bisa berkurang. Cobalah berkumur dengan air yang sudah dicampur dengan air lemon. Anda juga bisa mengganti lemon dengan jeruk.

Baca Juga: Terbuat dari bahan alami, berikut 4 obat gusi bengkak

Cuka Apel

Galvez Dental merekomendasikan cuka apel sebagai cara mengatasi bau mulut. Kandungan dalam cuka apel mampu menyeimbangkan pH dalam mulut sehingga bau mulut tak sedap dapat berkurang. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Pertama, campur beberapa sendok cuka apel dalam segelas air. Minum air cuka apel itu di pagi hari saat perut masih kosong. Selain menghilangkan bau mulut yang tidak sedap, mengonsumsi cuka apel juga baik untuk kesehatan sistem pencernaan.

Baca Juga: 5 Cara membersihkan karang gigi, bisa pakai bahan alami

Cengkih

Cengkih termasuk dalam daftar cara menghilangkan bau mulut yang tidak boleh Anda lewatkan. Antibakteri alami yang terkandung dalam cengkih efektif melawan bakteri penyebab bau mulut. Cobalah untuk mengunyah beberapa cengkih secara rutin supaya masalah itu bisa teratasi dengan baik.

Kayu Manis

Kayu manis bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut.

Tahukah Anda bahwa kayu manis bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut secara alami? Caranya, rebus satu sendok kayu manis, sehelai daun salam, dan beberapa kapulaga selama beberapa menit. Diamkan sebentar lalu saring. Gunakan air rebusan itu sebagai obat kumur.

Selanjutnya: 10 Kegunaan dari baking soda, dari penghilang bau badan hingga pemutih gigi

Editor: Belladina Biananda
Terbaru