5 Cara membersihkan karang gigi, bisa pakai bahan alami

Senin, 03 Mei 2021 | 12:08 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara membersihkan karang gigi, bisa pakai bahan alami

ILUSTRASI. Mengonsumsi jambu biji bisa jadi salah satu cara membersihkan karang gigi.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain membuat gigi terlihat kotor, karang gigi juga bisa menyebabkan banyak masalah. Maka dari itu, cara membersihkan karang gigi perlu Anda lakukan. Ada banyak hal yang bisa Anda coba, salah satunya dengan memakai bahan alami.

Karang gigi terbentuk karena sisa makanan atau bakteri yang menumpuk. Anda perlu rajin sikat gigi, minimal dua kali sehari, supaya karang gigi tak mudah terbentuk. Selain itu, Anda juga perlu menggunakan benang gigi dan obat kumur supaya kebersihan gigi dan mulut terjaga.

Nah, setelah beberapa hal itu Anda lakukan, cobalah untuk memanfaatkan bahan alami supaya karang gigi yang sudah terbentuk bisa dibersihkan. Namun, jika bahan-bahan berikut tak mampu membersihkan karang gigi Anda secara menyeluruh, jangan ragu untuk mengunjungi dokter, ya.

Jambu Biji

Tahukah Anda bahwa jambu biji bisa dijadikan cara membersihkan karang gigi? Mengutip dari Doctor NDTV (doctor.ndtv.com), jambu biji memiliki kandungan antiplak sehingga efektif membersihkan karang gigi. Tidak hanya itu, jenis buah itu juga bisa meredakan gusi bengkak.

Baca Juga: Cari cara menghilangkan karang gigi secara alami? Coba 7 bahan ini

Lidah Buaya

Lidah buaya jadi bahan alami selanjutnya untuk mengurangi kemunculan karang gigi. Supaya lebih efektif, Anda perlu mencampur lidah buaya dengan bahan alami yang lain. Caranya, campur 1 sdt gel lidah buaya dengan 5 sdm baking soda, 4 sdt gliserin, satu gelas air, dan minyak lemon.

Setelah teraduk rata dan berbentuk pasta, gosokkan campuran itu pada gigi. Anda bisa menggunakan sikat gigi supaya lebih mudah. Usahakan untuk melakukannya setiap hari, ya. Setelah karang gigi hilang, Anda bisa menggunakan lidah buaya itu tiap tiga hari sekali.

Makanan Pedas

Cara membersihkan karang gigi selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan pedas. Saat mengonsumsi makanan pedas, produksi air liur akan meningkat. Hal itu berpengaruh baik pada kebersihan gigi dan gusi Anda.

Baca Juga: Cari cara menghilangkan bau mulut? Ini 4 jawabannya

Cuka

Doctor NDTV mengatakan bahwa cuka mengandung antibakteri yang efektif membersihkan karang gigi. Pertama, campur 2 sdt cuka ke dalam ½ gelas air. Gunakan larutan itu untuk berkumur sebanyak dua kali dalam sehari.

Tomat dan Stroberi

Tomat dan stroberi bisa digunakan sebagai cara membersihkan karang gigi.

Tomat dan stroberi adalah beberapa jenis buah yang mengandung banyak vitamin C sehingga cocok digunakan untuk menghilangkan karang gigi. Anda hanya perlu mengaplikasikan campuran ekstrak tomat dan stroberi pada gigi selama lima menit lalu bilas dengan air.

Selanjutnya: 5 Makanan yang bisa membuat gigi lebih putih dan sehat

Editor: Belladina Biananda
Terbaru