4 Cara menghilangkan flek hitam ini mudah dicoba, lo

Selasa, 08 Juni 2021 | 12:19 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara menghilangkan flek hitam ini mudah dicoba, lo

ILUSTRASI. Salah satu manfaat lidah buaya adalah dipakai sebagai cara menghilangkan flek hitam.

KONTAN.CO.ID - Flek hitam yang muncul di kulit memang tidak berbahaya untuk kesehatan. Tapi, ada banyak cara menghilangkan flek hitam yang sebaiknya Anda coba.

Sebab, kemunculannya bisa mengganggu penampilan, apalagi di bagian tubuh yang mudah terlihat. Ada banyak bahan alami yang bisa Anda jadikan pilihan untuk menghilangkan flek hitam, misalnya lemon.

Anda hanya perlu mengaplikasikan air perasan lemon pada flek hitam dengan kapas. Untuk memaksimal efeknya, Anda bisa mencampur air lemon dengan yogurt atau bahan alami yang lain.

Tentu saja, masih banyak bahan yang berguna untuk mengatasi flek hitam. Mulai dari kentang, pepaya, oatmeal, hingga lidah buaya.

Selain mengatasi noda hitam, nutrisi yang terdapat dalam bahan alami itu juga efektif mengatasi masalah kulit yang lain.

Baca Juga: Khasiat jeruk nipis untuk wajah, bisa obati jerawat hingga flex hitam

Lidah buaya

Menurut laman India.com, lidah buaya jadi salah satu bahan alami yang efektif mengatasi flek hitam. Aplikasikan gel lidah buaya pada flek hitam sebanyak dua kali dalam sehari.

Untuk membersihkan sisa gel lidah buaya yang masih menempel, Anda bisa menggunakan handuk basah.

Pepaya dan jeruk nipis

Jika Anda mencari cara menghilangkan flek hitam, tak ada salahnya untuk memakai pepaya dan jeruk nipis. Kombinasi bahan alami itu mampu mengangkat sel kulit mati sehingga warna kulit menjadi lebih cerah.

Caranya, parut satu pepaya hijau lalu tambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada kulit lalu diamkan dulu selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air.

Baca Juga: Yuk coba, 4 cara menghilangkan flek hitam di wajah ini

Kentang dan madu

Madu dan bahan alami yang lain berguna sebagai cara menghilangkan flek hitam.

Kombinasi bahan alami lain yang efektif mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam adalah kentang madu. Anda perlu memarut kentang terlebih dahulu lalu tambahkan 1 sdt madu.

Aduk hingga rata lalu aplikasikan pada kulit. Setelah didiamkan selama 15 menit, bilas dengan air.

Oatmeal dan lemon

Bahan alami berikutnya yang India.com rekomendasikan untuk menyamarkan flek hitam adalah oatmeal. Caranya, haluskan ½ gelas oatmeal kemudian tambahkan satu hingga dua sendok teh air lemon. Aduk bahan-bahan tersebut hingga berbentuk pasta.

Selanjutnya, gosokkan campuran oatmeal dan lemon pada kulit secara halus. Anda perlu mendiamkannya dulu selama 15 menit sebelum Anda membilasnya dengan air hangat.

Untuk mendapat hasil maksimal, cobalah untuk melakukan langkah-langkah itu sebanyak dua kali dalam sehari.

Selanjutnya: Ada bekas jerawat hitam di wajah, ini cara mengatasinya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru