4 Tips mengatasi sibling rivalry alias persaingan sesama saudara

Selasa, 20 Juli 2021 | 15:40 WIB   Reporter: Helvana Yulian
4 Tips mengatasi sibling rivalry alias persaingan sesama saudara

KONTAN.CO.ID - Anak suka bertengkar kerap membuat orang tua bingung. Adik dan kakak di dalam rumah sering sekali bertengkar dan menimbulkan suasana rumah menjadi tidak nyaman bagi keduanya.

Sebagai orang tua harus mengerti, apa yang sebenarnya terjadi antara kakak dan adik yang sering bertengkar. Bisa jadi memang akibat permasalahan mereka sendiri atau mungkin dipicu oleh rasa cemburu diantara keduanya.  

Sibling Rivalry sendiri memiliki arti keadaan dimana adik dan kaka sering sekali bertengkar, dikutip dari Parent Univerity. Keadaan berantem ini memang biasanya didasari perselisihan antara keduanya. Bisa jadi mereka berantem karena cara orang tua menghadapi masalah tersebut kurang tepat. 

Baca Juga: Promo HokBen hari ini 20 Juli 2021, beli 2 dapat 3 hanya bayar Rp 78.000

Memiliki anak dengan usia yang jaraknya berdekatan kerap menimbulkan pertengkaran. Tapi Moms jangan khawatir, sibling rivalry bisa diatasi dengan cara-cara ini. Berikut 4 tips mengatasi sibling rivalry pada anak. 

1.    Orang tua bisa meluangkan waktu bersama masing-masing anak secara rutin untuk menggali informasi dan membicarakan tentang kondisi anak dan kenapa sering berantem dengan kakak atau adiknya. 

2.    Menunjukan dan mengajarkan empati kepada anak agar bisa sama-sama saling menghargai. Biasanya komunikasi seperti ini bisa diterapkan kepada kakak untuk bisa menerima kehadiran adik barunya. 

Baca Juga: Ketahui, Ini Empat Fitur Spotify yang Jarang Orang Tau

3.    Ajarkan rasa menghormati terhadap barang-barang yang dimiliki anak. Beritahu kepada anak bahwa barangnya akan dipinjam kakak atau adiknya untuk menghindari pertengkaran.

4.    Tetap adil dalam membagi kasih sayang, meskipun si adik selalu butuh perhatian khusus. Anggap si kakak tetap merasa penting dalam keluarga dengan meminta bantuan ringan saat Moms mengurus adiknya.

Selanjutnya: Cara Mengajari Anak Agar Mau Makan Sayur dan Buah

Editor: Helvana Yulian
Terbaru