5 Bahan Alami Ampuh Samarkan Flek Hitam Wajah, Bisa Dicoba!

Senin, 25 April 2022 | 12:15 WIB   Reporter: Helvana Yulian
5 Bahan Alami Ampuh Samarkan Flek Hitam Wajah, Bisa Dicoba!


KONTAN.CO.ID - Kemunculan flek hitam pada wajah dapat mengganggu penampilan dan menurunkan tingkat percaya diri.  

Kondisi ini terjadi ketika jerawat yang bersarang di wajah dan tidak ditangani dengan baik, seperti mengempiskannya dengan memencet atau cara lainnya.  

Sekarang Anda tidak perlu khawatir, flek hitam kini bukan menjadi masalah serius karena Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan bahan-bahan alami.   

Dilansir dari Women Health, berikut beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai perawatan kulit untuk menyamarkan flek hitam pada wajah, antara lain:  

Baca Juga: 5 Penyakit yang Ditandai dengan Kaki Tiba-Tiba Bengkak

1. Kunyit

Bahan alami untuk menyamarkan flek hitam pada wajah yang pertama adalah menggunakan kunyit. Kunyit juga turut bermanfaat untuk memudarkan noda hitam membandel di wajah.  

Padahal, rempah satu ini berperan penting dalam mengatasi kerusakan kulit akibat radikal bebas sekaligus mencerahkan kulit.  

Kunyit terbukti efektif untuk memudarkan flek hitam pada muka yang terjadi akibat penuaan kulit atau paparan sinar matahari berlebihan.   

2. Pepaya

Bahan alami untuk menyamarkan flek hitam pada wajah yang kedua adalah pepaya. Tidak hanya lemon, buah pepaya dipercaya mampu memudarkan flek hitam pada wajah.  

Enzim yang dimiliki buah ini efektif membantu mengembalikan kecerahan kulit dengan mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit.  

Sifat pembersihannya mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebih.  

3. Almond

Bahan alami untuk menyamarkan flek hitam pada wajah yang selanjutnya adalah kacang almond.   

Makanan satu ini juga kaya vitamin E, lemak sehat, dan antioksidan yang membantu memerangi dampak negatif radikal bebas pada kulit muka, sehingga kulit lebih halus dan sehat setiap saat.  

Anda bisa mengaplikasikan almond sebagai masker dengan tambahan madu atau bubuk cendana. Namun, sebelum itu, rendam kacang almond terlebih dahulu dalam air susu.   

Baca Juga: Luar Biasa! Inilah Manfaat Air Mawar untuk Kesehatan Kulit

4. Jus lemon

Bahan alami untuk menyamarkan flek hitam yang keempat adalah jus lemon. Lemon ini tak hanya membantu memulihkan kesehatan tubuh karena kandungan vitamin C yang tinggi. 

Jika kulit Anda termasuk dalam kategori kulit sensitif, Anda bisa menambahkan sedikit air panas sebelum mengaplikasikan lemon sebagai masker muka.  

5. Lidah buaya

Bahan alami untuk menyamarkan flek hitam pada wajah yang kelima adalah lidah buaya. Penggunaan lidah buaya sebagai ramuan alami kecantikan pasti sudah tak asing lagi di telinga.  

Tanaman satu ini kaya manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut. Gel pada lidah buaya mengandung polisakarida yang membantu memicu tumbuhnya sel kulit yang baru.   

Journal of Chemical and Pharmaceutical Research menunjukkan manfaat dari lidah buaya bisa membantu mengurangi flek hitam dan membersihkan serta mencerahkan kulit.  

Itulah beberapa bahan alami untuk menyamarkan flek hitam pada wajah yang perlu Anda ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru