5 Cara diet alami untuk mendapat berat badan ideal, bukan cuma olahraga

Senin, 09 Agustus 2021 | 18:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara diet alami untuk mendapat berat badan ideal, bukan cuma olahraga


KESEHATAN - Ada banyak kerugian yang bisa Anda dapat karena berat badan berlebih. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk mempraktikkan beberapa cara diet alami berikut ini.

Sebab, selain mengganggu penampilan, berat badan berlebih juga bisa meningkatkan risiko penyakit. Hal penting yang perlu Anda lakukan adalah rajin olahraga.

Pilihlah jenis olahraga yang Anda sukai, misalnya, bersepeda, jogging, atau jenis olahraga lainnya. Usahakan untuk terus olahraga secara rutin supaya berat badan ideal bisa segera Anda dapat.

Namun, masih banyak tips diet lain yang perlu Anda praktikkan. Dengan begitu, kelebihan berat badan atau obesitas dapat Anda hindari sehingga kesehatan tubuh pun bisa tetap terjaga.

Hindari konsumsi gula

Mengutip The Daily World, asupan gula berlebih akan tersimpan di tubuh dalam bentuk lemak. Hal itulah yang membuat Anda memiliki berat badan berlebih.

Selain itu, terlalu sering mengonsumsi gula juga meningkatkan risiko diabetes.

Baca Juga: Cocok jadi menu diet, coba konsumsi 5 makanan ini, yuk

Kurangi asupan kalori

Tidak hanya membatasi konsumsi gula, mengurangi asupan kalori juga termasuk dalam cara diet alami.

Usahakan untuk mengonsumsi kalori lebih sedikit daripada jumlah kalori yang Anda bakar per hari. Mulailah untuk menghindari makanan atau minuman dengan kalori tinggi, misalnya, makanan cepat saji.

Perbanyak asupan protein

Cara menurunkan berat badan selanjutnya adalah memperbanyak asupan protein. Jenis nutrisi itu efektif meningkatkan massa otot. Apalagi, jika Anda juga rutin melakukan olahraga angkat beban.

Tidak berhenti sampai di situ, mencukupi kebutuhan tubuh akan protein juga mampu menurunkann tekanan darah, meningkatkan metabolisme tubuh, dan mengurangi rasa lapar.

Ada banyak pilihan protein yang bisa Anda konsumsi, misalnya lean meat atau daging tanpa lemak.

Baca Juga: Inilah 3 cara mengecilkan lengan yang layak Anda coba

Minum air putih

Salah satu cara diet alami adalah minum air putih.

Cara diet alami berikutnya adalah dengan minum banyak air putih. Cobalah untuk minum air putih tiap sebelum makan berat.

Dengan begitu, Anda akan merasa lebih kenyang sehingga keinginan untuk mengonsumsi kalori berlebih dapat berkurang.

Tidur

Melansir dari The Daily World, berat badan ideal bisa Anda dapat dengan mencukupi waktu tidur di malam hari. Menurut sebuah penelitian, kurang tidur dapat memicu keinginan mengonsumsi makanan tinggi kalori dan karbohidrat.

Selanjutnya: Efektif dan mudah dicoba, inilah 5 cara diet sehat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru