5 Cara Mendapatkan Berat Badan Ideal dan Macam Indikator dalam Pengukuran

Rabu, 31 Januari 2024 | 12:36 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
5 Cara Mendapatkan Berat Badan Ideal dan Macam Indikator dalam Pengukuran

ILUSTRASI. Cara Mendapatkan Berat Badan Ideal dan Macam Pengukuran


KESEHATAN - JAKARTA. Simak daftar indikator mengukur berat badan ideal dan cara mendapatkannya. Anda perlu mengenal lebih jauh beberapa pengukuran dan tips mudah dalam mencapai berat yang baik.

Berat badan ideal mengacu pada berat badan yang dianggap sehat dan optimal untuk seseorang, memperhatikan faktor-faktor seperti tinggi badan, jenis kelamin, usia, dan komposisi tubuh.

Banyak rencana diet yang ingin Anda lakukan untuk mengurangi kalori atau berhenti mengonsumsi makanan tertentu.

Pendekatan ini mungkin berhasil dalam jangka pendek, namun sebagian besar pelaku diet mendapatkan kembali berat badan yang hilang ketika mereka kembali ke kebiasaan makan lama.

Baca Juga: 7 Olahraga untuk Penderita Gout Agar Asam Urat Tidak Gampang Kambuh

Indikator mengukur berat badan ideal

Ilustrasi Kesehatan

Syarat-syarat yang digunakan untuk menentukan berat badan ideal melibatkan pertimbangan beberapa faktor, dan metode pengukuran yang umum digunakan adalah Indeks Massa Tubuh (BMI).

Berikut adalah beberapa syarat yang sering digunakan untuk menilai berat badan ideal:

1. Indeks Massa Tubuh (BMI)

BMI adalah angka yang dihitung dari berat badan dan tinggi badan seseorang. Nilai BMI dibagi menjadi kategori berikut:

  • Kurang dari 18,5: Berat badan kurang
  • 18,5 - 24,9: Berat badan normal
  • 25 - 29,9: Kelebihan berat badan
  • 30 atau lebih: Obesitas.

2. Perhitungan Persentil Pertumbuhan Anak

Untuk anak-anak dan remaja, berat badan ideal sering dinilai dengan membandingkan berat badan anak dengan rata-rata pertumbuhan anak sebaya. Ini biasanya dievaluasi menggunakan grafik pertumbuhan anak.

3. Komposisi Tubuh

Selain berat badan secara keseluruhan, komposisi tubuh juga penting. Berat badan ideal harus mencerminkan seberapa banyak lemak dan massa otot yang dimiliki seseorang.

4. Faktor Kesehatan Tambahan

Selain BMI, faktor-faktor kesehatan lainnya seperti tekanan darah, kadar kolesterol, dan kondisi kesehatan umum juga dapat dipertimbangkan untuk menilai berat badan ideal.

Jadi, bagaimana cara terbaik untuk mengurangi berat badan berlebih? Anda perlu menciptakan situasi kehidupan yang baru dan fokus pada perilaku sehat. Anda perlu mengganti kebiasaan tidak sehat dengan kebiasaan baru yang lebih sehat.

Baca Juga: 6 Gejala Hipertensi & Cara Mengatasinya Sendiri di Rumah Tanpa Obat

Cara mendapatkan berat badan ideal

Makanan dan minuman manis

Berikut adalah lima cara untuk mencapainya yang perlu dilakukan secara konsisten, dirangkum dari laman Kids Health.

1. Hindari minuman manis

Minuman manis seperti soda, jus, teh manis, dan minuman olahraga memberikan kalori ekstra tanpa nilai gizi yang signifikan. Orang yang rajin mengonsumsi minuman manis cenderung mengalami kelebihan berat badan. Pilihlah air atau susu rendah lemak sebagai alternatif yang lebih sehat.

2. Lakukan latihan fisik

Aktivitas fisik secara teratur membakar kalori dan membentuk otot, membantu Anda merasa nyaman dan menjaga berat badan. Melakukan aktivitas seperti berjalan-jalan dengan anjing, bersepeda, dan peningkatan aktivitas fisik sehari-hari dapat membuat perbedaan.

Jika Anda ingin meningkatkan pembakaran kalori, tingkatkan intensitas latihan dan tambahkan latihan kekuatan untuk membentuk otot.

3. Kurangi waktu layar

Orang yang sering menghabiskan waktu di depan layar cenderung mengalami kelebihan berat badan. Tetapkan batasan wajar untuk waktu menonton TV, bermain video game, dan menggunakan perangkat elektronik, dan hindari penggunaan sebelum tidur agar Anda dapat tidur dengan cukup.

4. Perhatikan ukuran porsi

Porsi makan besar dapat menyumbang kalori berlebih yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Pilih porsi yang lebih kecil, terutama saat mengonsumsi camilan berkalori tinggi.Saat makan di luar, pertimbangkan untuk berbagi hidangan utama atau menyimpan separuh makanan Anda untuk dibawa pulang.

5. Konsumsi 5 porsi buah dan sayur sehari

Buah dan sayur tidak hanya memberikan vitamin dan mineral, tetapi juga mengandung serat yang membuat Anda kenyang. Dengan merasa kenyang oleh buah dan sayur, kemungkinan untuk makan berlebihan akan berkurang.

Penting untuk dicatat bahwa konsep berat badan ideal bersifat relatif dan dapat bervariasi antara individu.

Selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk menentukan berat badan yang sehat dan sesuai dengan kondisi tubuh serta kesehatan secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru