5 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami, Wajib Coba

Kamis, 23 Desember 2021 | 14:31 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami, Wajib Coba

ILUSTRASI. Air mawar bisa Anda jadikan cara menghilangkan komedo.


KESEHATAN - Selain jerawat, komedo adalah salah satu masalah kulit yang cukup sering dialami oleh banyak orang. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba berbagai macam cara menghilangkan komedo secara alami.

Alih-alih menggunakan produk penghilang komedo yang terbuat dari bahan kimia, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan di sekitar Anda.

Selain membersihkan komedo yang membandel, nutrisi dalam bahan alami yang Anda pakai mampu meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Namun, pastikan untuk menggunakan bahan alami ini secara rutin, ya. Jika tidak, efek yang Anda inginkan sulit terjadi. Komedo yang tak kunjung hilang justru bisa menyebabkan masalah yang lebih parah, misalnya, jerawat.

Lidah buaya

Mengutip dari The Orange Petals, lidah buaya efektif menghilangkan komedo karena mengandung antiinflamasi dan antioksidan. Anda hanya perlu mengaplikasikan gel lidah buaya secara langsung pada kulit.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan flek hitam, praktis dan mudah dicoba

Air mawar

Komedo bisa mudah dihilangkan menggunakan air mawar. Pertama, celupkan kapas di air mawar kemudian aplikasikan pada bagian kulit berkomedo. Anda bisa melakukan langkah tersebut dua kali dalam sehari untuk mendapat hasil yang maksimal.

Putih telur

Jika Anda mencari cara menghilangkan komedo secara alami, memanfaatkan putih telur bisa Anda jadikan pilihan. Selain menghilangkan komedo, bahan alami itu juga mampu mencerahkan dan membuat kulit terasa semakin lembut dan kencang.

Pertama, pisahkan putih telur dari kuning telur lalu kocok putih telur hingga berbusa. Selanjutnya, aplikasikan putih telur itu pada wajah dan diamkan dulu selama minimal 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Oatmeal

Anda bisa memakai oatmeal sebagai cara menghilangkan komedo secara alami.

Cara menghilangkan komedo secara alami yang tidak boleh Anda lewatkan adalah dengan memanfaatkan oatmeal. Bahan alami itu mengandung antiinflamasi dan mampu mengurangi produksi minyak serta mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Pertama, campur 2 sdt oatmeal, ½ sdt air lemon, ½ sdt madu, dan satu sendok brown sugar. Gosokkan campuran itu pada kulit wajah dengan gerakan memutar selama lima hingga tujuh menit. Selanjutnya, diamkan dulu selama beberapa menit lagi lalu bilas dengan air.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan komedo, pakai lemon dan bahan alami lain

Kayu manis

The Orange Petals merekomendasikan kayu manis untuk menghilangkan komedo yang Anda miliki. Sama seperti putih telur, kayu manis dapat membuat kulit menjadi lebih cerah dan lembut.

Tidak berhenti sampai di situ, antimikroba dalam kayu manis pun mampu mencegah munculnya jerawat.

Caranya, campur 1 sdt bubuk kayu manis dengan ½ sdt air lemon. Setelah teraduk rata dan berbentuk pasta, aplikasikan pada wajah selama 15 menit lalu bilas dengan air. Anda bisa mengganti air lemon dengan air mawar jika mau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru