5 Cara menurunkan berat badan secara alami, coba yuk

Jumat, 16 Juli 2021 | 21:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara menurunkan berat badan secara alami, coba yuk

KONTAN.CO.ID - Ada banyak orang yang ingin memiliki berat badan ideal. Jika Anda salah satunya, ada banyak cara menurunkan berat badan secara alami yang bisa Anda praktikkan. 

Hal penting yang perlu Anda lakukan adalah meningkatkan aktivitas fisik. Jika Anda belum terbiasa olahraga, cobalah untuk memperbanyak kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Misalnya, gunakan tangga daripada eskalator atau lift.

Selain meningkatkan aktivitas fisik, tentu saja masih banyak cara lain yang perlu Anda coba. Berkonsultasi dengan dokter juga bisa Anda jadikan pilihan. Dengan begitu, program diet yang Anda jalankan bisa lebih terkontrol.

Konsumsi serat

Mengutip dari NHS, mengonsumsi serat bisa jadi salah satu cara menurunkan berat badan secara alami. Jenis nutrisi itu mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Anda bisa memasukkan sayur, buah, oatmeal, brown rice, atau jenis makanan lain yang mengandung banyak serat dalam menu diet.

Baca Juga: Cara Mencapai Berat Badan Ideal Selama Pandemi

Sarapan

Sarapan merupakan jadwal makan berat penting yang tidak boleh Anda lewatkan. Ketika Anda melewatkan sarapan, tubuh Anda justru merasa lapar. Hal itulah yang sering kali membuat berat badan ideal sulit untuk Anda dapatkan.

Minum air putih

Cara menurunkan berat badan secara alami selanjutnya yang perlu Anda praktikkan adalah mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Salah satunya dengan minum banyak air putih.

Cobalah untuk minum delapan gelas air putih per hari. Namun, jumlah itu bisa berbeda, tergantung dari aktivitas dan kondisi tubuh Anda.

Baca Juga: Cari cara diet alami? 5 Hal ini bisa Anda praktikkan

Batasi konsumsi alkohol

Membatasi konsumsi alkohol termasuk salah satu cara menurunkan berat badan secara alami.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, NHS merekomendasikan untuk membatasi konsumsi alkohol. Alasannya, minuman beralkohol mengandung banyak kalori yang berpengaruh pada berat badan.

Bila Anda kesulitan untuk menghentikan kebiasaan itu, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter.

Kurangi konsumsi junk food

Selain membatasi konsumsi alkohol, konsumsi junk food juga perlu Anda kurangi. Alih-alih mengonsumsi jenis makanan itu, cobalah untuk mengonsumsi makanan ringan yang lebih sehat. Mulai dari buah, jus tanpa pemins, hingga popcorn yang tidak diberi gula atau garam.

Selanjutnya: 5 Manfaat teh hijau, bisa menurunkan berat badan lo

Editor: Belladina Biananda
Terbaru