5 Manfaat Minum Susu yang Menarik Diketahui, Mampu Menurunkan Risiko Obesitas Lo

Senin, 04 Juli 2022 | 14:53 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
5 Manfaat Minum Susu yang Menarik Diketahui, Mampu Menurunkan Risiko Obesitas Lo

ILUSTRASI. Manfaat minum susu untuk kesehatan.


KESEHATAN - Susu adalah salah satu minuman sehat yang mempunyai banyak nutrisi dan dibutuhkan oleh tubuh. Umumnya, minum susu dikenal mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan tulang.

Susu adalah minuman yang berasal dari hewan dan mengandung cukup banyak protein hewani yang baik untuk kesehatan dan banyak mengandung nutrisi.

Selain itu, susu merupakan minuman yang bisa dikonsumsi oleh semua orang, mulai dari bayi, anak kecil, orang dewasa, hingga lansia sekalipun. 

Susu juga termasuk ke dalam minuman yang bisa dijadikan atau dicampur dengan berbagai jenis makanan atau minuman lain agar lebih lezat saat dikonsumsi. 

Namun, untuk mendapatkan manfaat yang utuh bagi kesehatan, hindari susu yang ditambahkan pemanis buatan. Sebab, akan membuat manfaat minum susu jadi hilang. 

Baca Juga: Daftar 25 Universitas Terbaik di Indonesia 2022 versi Webometrics

Melansir dari Healthline, ada beberapa manfaat minum susu bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

Menurunkan risiko obesitas

Beberapa penelitian telah mengaitkan asupan susu dengan risiko obesitas yang lebih rendah. Menariknya, manfaat ini hanya dikaitkan dengan susu murni.

Sebuah penelitian pada 145 anak Latin berusia tiga tahun menemukan, mengonsumsi lemak susu yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko obesitas masa kanak-kanak yang lebih rendah.

Menjaga kesehatan tulang

Salah satu manfaat minum susu yang cukup populer adalah dapat membantu menjaga kesehatan tulang. 

Ini karena kombinasi nutrisinya yang kuat, termasuk kalsium, fosfor, potasium, protein dan (dalam susu yang diberi makan rumput, penuh lemak) vitamin K2. Semua nutrisi itu penting untuk menjaga tulang yang kuat dan sehat.

Baca Juga: Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark Melalui SaveTik, Catat Linknya

Mengandung banyak nutrisi

Susu adalah sumber vitamin dan mineral yang sangat baik, termasuk mengandung banyak nutrisi yang tentunya sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh tubuh.

Susu juga merupakan sumber vitamin A, magnesium, zinc, dan tiamin (B1) yang baik. Selain itu, susu adalah sumber protein yang sangat baik dan mengandung ratusan asam lemak yang berbeda, termasuk asam linoleat terkonjugasi (CLA) dan omega-3.

Sumber protein

Susu adalah sumber yang kaya protein, dengan hanya satu cangkir mengandung 8 gram. Protein bermanfaat dan dibutuhkan untuk banyak fungsi vital dalam tubuh Anda, termasuk pertumbuhan dan perkembangan, perbaikan sel dan pengaturan sistem kekebalan.

Baca Juga: Jadwal Semi Final Piala Presiden 2022: Dimulai PSIS Semarang VS Arema FC

Bahan serbaguna

Susu adalah minuman bergizi yang memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Selain itu, susu adalah bahan serbaguna yang dapat dengan mudah ditambahkan ke menu diet Anda.

Selain minum susu, cobalah ide-ide berikut untuk memasukkannya ke dalam rutinitas harian Anda seperti mencampurnya dengan kopi, oatmeal, sup yogurt, dan berbagai makanan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru