5 Penyebab Sering Kentut, Bisa Karena Sembelit hingga Stres

Kamis, 21 Juli 2022 | 13:17 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
5 Penyebab Sering Kentut, Bisa Karena Sembelit hingga Stres

ILUSTRASI. Penyebab sering kentut


KONTAN.CO.ID - Kentut pada dasarnya adalah hal yang wajar terjadi. Lain halnya jika frekuensi kentut menjadi lebih sering. Penyebab sering kentut bisa dipengaruhi oleh banyak faktor. 

Selain itu, sering kentut juga dapat menjadi tanda ada gangguan kesehatan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui penyebab kenapa frekuensi kentut Anda menjadi lebih sering dari biasanya. 

Sehingga, jika sudah mengetahui penyebab kenapa jadi sering kentut, Anda bisa segera melakukan pengobatan sesegera mungkin jika ada gangguan kesehatan dalam tubuh.

Selain itu, jika frekuensi kentut Anda menjadi lebih sering, hal tersebut akan menimbulkan rasa tidak nyaman disertai dapat mengganggu orang lain karena aroma yang kurang sedap.

Baca Juga: Savefrom! Download Video MP4 MP3 TikTok Tanpa Watermark Tanpa Watermark Gratis

Melansir dari Healthline, berikut beberapa penyebab frekuensi kentut meningkat yang perlu Anda ketahui:

Sembelit 

Sembelit menjadi faktor yang paling bisa memengaruhi frekuensi kentut Anda menjadi lebih sering. Pasalnya, sembelit adalah gangguan sistem pencernaan yang membuat penderitanya akan kesulitan buang air besar. 

Hal tersebutlah yang sangat bisa memicu Anda menjadi lebih sering kentut. 

Terlalu banyak konsumsi karbohidrat

Penyebab Anda sering kentut selanjutnya adalah terlalu bangak mengkonsumsi karbohidrat. Contohnya, roti, kentang, dan berbagai jenis makanan karbohidrat lainnya dapat memicu frekuensi kentut Anda menjadi lebih sering. 

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 7 Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan

Gangguan pencernaan 

Gangguan pencernaan yang diakibatkan oleh beberapa penyakir tertentu, salah satunya diabetes dapat menyebabkan frekuensi kentut menjadi lebih banyak. Soalnya, hal tersebut membuat sistem pencernaan Anda menjadi stres. 

Jenis makanan tertentu

Beberapa jenis makanan tertentu bisa menjadi penyebab Anda sering kentut. Contohnya, makanan yang mengandung banyak serat dan jenis gula alami sangat bisa membuat Anda menjadi lebih sering kentut. 

Baca Juga: Jadwal Liga 1 2022/2023: Pekan Pertama Ada PSIS Semarang VS RANS Nusantara

Stres 

Mengelola stres adalah hal yang sangat penting. Saat stres juga Anda harus menghindari atau mengurangi konsumsi alkohol  dan merokok. Alhasil, frekuensi kentut Anda akan kembali normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru