Wajib Tahu! Ini 7 Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan

Kamis, 21 Juli 2022 | 10:08 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Wajib Tahu! Ini 7 Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan

ILUSTRASI. Minyak ikan.


KESEHATAN - Mengkonsumsi minyak ikan cukup populer memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Minyak ikan mengandung banyak nutrisi, di antaranya asam lemak omega-3.

Minyak ikan sendiri merupakan ekstrak dari dari berbagai jenis ikan yang juga mengandung banyak nutrisi seperti ikan teri, tuna, sarden, herring dan jenis ikan lainnya. 

Selain memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, mengkonsumsi minyak ikan secara rutin juga dapat mencegah dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Lalu apa saja manfaat yang didapatkan jika mengkonsumsi minyak ikan?

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia 2022 Qatar: Senegal VS Belanda Akan Jadi Laga Pembuka

Melansir dari Health, berikut beberapa manfaat minyak ikan, di antaranya:

Mengatasi Peradangan

Salah satu manfaat mengkonsumsi minyak ikan dipercaya mampu mengatasi atau membantu menurunkan peradangan. Hal tersebut dikarenakan minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang mampu memperbaiki kondisi peradangan dalam tubuh. 

Menjaga Kesehatan Jantung

Dilansir dari Health, minyak ikan telah terbukti dapat membantu meningkatkan kolesterol baik, menurunkan trigliserida, mengurangi tekanan darah dan mencegah masalah di arteri. Hal tersebut membuat kesehatan jantung Anda akan terjadi jika terhindar dari berbagai masalah kesehatan di atas.

Baca Juga: Jadwal Liga 1 2022/2023: Pekan Pertama Ada PSIS Semarang VS RANS Nusantara

Meningkatkan Kepadatan Tulang

Banyaknya kandunga asam lemak omega-3 dalam minyak ikan dapat bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang. Khususnya orang dewasa, dengan asupan omega-3 lebih banyak terbukti dapat mempertahankan kepadatan tulang yang lebih besar, menjadikan minyak ikan sebagai mediator potensial dari keropos tulang terkait usia.

Menjaga Kesehatan Mata

Tak berhenti sampai disitu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak ikan juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit mata, salah satunya degenerasi makula yang biasanya akan dialami seiring bertambahnya usia. 

Menurunkan Risiko Asma Anak

Dilansir dari Health, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi minyak ikan selama kehamilan mampu membantu mengurangi risiko asma pada anak.

Selain itu, terdapat juga penelitian yang ditemukan bahwa mengkonsumsi minyak ikan selama hamil dapat mengurangi risiko bayi terkena alergi.

Baca Juga: 5 Makanan yang Mengandung Vitamin E Tinggi, Catat!

Menjaga Kesehatan Otak

Mengkonsumsi minyak ikan secara rutin juga mampu meningkatkan kinerja kognitif serta kesehatan otak Anda. Terdapat penelitian juga yang menghubungkan jika kadar omega-3 lebih tinggi mampu menurunkan risiko depresi dan kecemasan. 

Meningkatkan Kekuatan Otot

Minyak ikan mengandung lemak sehat yang dapat membantu merangsang pertumbuhan otot, meningkatkan massa otot bahkan jika Anda tidak terlalu sering berolahraga, namun sebaiknya Anda harus tetap berolahraga. 

Selain itu, minyak ikan juga dapat membantu menurunkan berat badan dengan merangsang otak untuk mengontrol asupan makanan yang dikonsumsi. 

Meski mengkonsumsi minyak ikan memberikan banyak manfaat. Anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen tersebut secara berlebihan. Berkonsultasilah dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru