5 Tips Pencarian di Google Search Agar Hasil yang Muncul Sesuai Keinginan

Jumat, 31 Desember 2021 | 16:05 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
5 Tips Pencarian di Google Search Agar Hasil yang Muncul Sesuai Keinginan

ILUSTRASI. 5 Tips Pencarian di Google Search Agar Hasil yang Muncul Sesuai Keinginan. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration


KONTAN.CO.ID -Jakarta. Saat mencari berita atau artikel menggunakan pencarian di Google Search, sering kali hasil yang muncul tidak sesuai dengan keinginan kita. Agar hasil yang muncul akurat, simak tips pencarian di Google berikut ini.  

Banyak orang terutama pelajar, memanfaatkan Google untuk mendapatkan materi pembelajaran. Sayangnya, hasil yang dimunculkan oleh mesin pencarian ini sering tidak sesuai. 

Hal ini disebabkan hasil yang muncul sesuai dengan kata kunci atau keyword yang dimasukkan pada kolom pencarian. Jadi, artikel apapun yang mengandung kata kunci yang Anda masukkan akan muncul. 

Misalnya, Anda ingin membaca profil Universitas Gadjah Mada di situs resminya, lalu memasukkan kata kunci UGM. Hasil yang dimunculkan Google beragam mulai dari sejarah hingga berita terkait UGM. 

Baca Juga: 5 Pekerjaan yang Banyak Dibutuhkan di 2022, Peluang Kerja Terbuka Lebar

Tidak hanya dari situs resmi milik UGM saja, namun banyak situs lain yang menulis tentang kampus ini juga muncul di halaman Google Search.

Agar pencarian di Google lebih spesifik dan efektif, Anda bisa mencoba tips di bawah ini dihimpun dari Lifehack

  • Hasil pencarian lebih spesifik

Saat Anda memasukkan kata kunci di Google, hasil pencarian yang muncul pasti sangat beragam. Agar hasil yang muncul lebih spesifik, tambahkan tanda petik dua (") pada kata yang dicari. 

Semisal, Anda ingin mencari tentang SNMPTN 2022, jangan lupa tambahkan petik dua diawal dan di akhir frasa. Jadi masukkan "SNMPTN 2022" pada kolom pencarian. Hasil yang didapat akan lebih spesifik dengan cara ini. 

  • Mengecualikan suatu kata

Kadang saat mencari di Google Search, hasil yang Anda dapat melenceng dari apa yang diharapkan. Contoh, saat mencari dengan kata kunci Kijang.

Yang Anda inginkan adalah berita atau tulisan tentang hewan kijang, tetapi hasil yang disajikan adalah tentang mobil Toyota Kijang. 

Agar hasil yang didapat adalah hewan kijang, gunakan tanda hubung lalu tulis kata pengecualian setelah kata kunci. 

Jadi tulis: Kijang -mobil, agar hasil yang kalian dapat adalah hewan kijang bukan mobil merk Kijang. 

  • Mencari artikel di website tertentu

Hasil pencarian Google pasti dari beragam situs. Tidak jarang situs yang Anda inginkan terkubur oleh situs-situs lainnya. 

Untuk mempermudah mendapatkan artikel di situs tertentu, bersumber dari Lifehack, jangan lupa tambahkan [site:]

Misalnya, Anda ingin membaca artikel lowongan kerja di Kontan.co.id. Tulis di kolom Google Search: Lowongan kerja site:kontan.co.id.

Hasil tersaji di halaman pertama semuanya tentang lowongan kerja di situs Kontan.co.id. 

Baca Juga: 10 Inspirasi Resolusi Tahun Baru 2022 Buat yang Belum Membuat Resolusi Tahun Depan

  • Mencari file yang spesifik

Saat ingin mencari bahan pembelajaran dengan format file tertentu, jangan lupa tambahkan [filetype: format file] setelah kata kunci. 

Ambil contoh, ingin mendapatkan file dengan format pdf tentang jantung manusia. Tulis pada kolom pencarian Google: jantung manusia filetype: pdf.

Anda bisa mendapatkan hasil berupa materi jantung manusia dalam bentuk Power Point. 

  • Google Scholar

Sedang mencari jurnal ilmiah atau penelitian? Saat mencari lewat Google Search, mungkin Anda mendapatkan hasil yang tidak ter-filter dengan baik. 

Pencarian melalui mesin pencari ini kadang tidak memberikan hasil yang spesifik. Jurnal yang disajikan pun terbatas. 

Sebaiknya, Anda mencari jurnal ilmiah melalui Google Scholar. Laman ini memudahkan mahasiswa atau pelajar yang memang menjadi artikel atau jurnal ilmiah. 

Hasil yang disajikan di Google Scholar pun lebih spesifik khususnya untuk jurnal-jurnal ilmiah dibandingkan Google biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru