6 Bahan Alami untuk Membuat Ramuan Masker Wajah yang Atasi Kulit Kering

Minggu, 28 April 2024 | 15:25 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
6 Bahan Alami untuk Membuat Ramuan Masker Wajah yang Atasi Kulit Kering

ILUSTRASI. 6 Bahan Alami untuk Membuat Ramuan Masker Wajah yang Atasi Kulit Kering. dok/Nourish Mantra


PERAWATAN KULIT WAJAH - JAKARTA. Simak ramuan dari bahan alami untuk masker wajah bagi pemilik kulit kering. Kulit yang kering membutuhkan perhatian khusus karena kurangnya kelembaban dapat membuatnya kasar, pecah-pecah, terasa tegang, dan mungkin bersisik.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering termasuk kondisi cuaca yang ekstrem, paparan sinar matahari berlebihan, penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok, atau masalah internal seperti dehidrasi atau kondisi medis tertentu.

Penting untuk diingat bahwa setiap individu dapat memiliki kombinasi berbeda dari jenis kulit, dan kebutuhan kulit juga dapat berubah seiring waktu.

Tak hanya itu, Anda juga dapat memadukan produk dan metode perawatan untuk menemukan apa yang paling efektif untuk kulit wajah kering.

Baca Juga: Ini 7 Tanda Kulit Wajah Membutuhkan Eksfoliasi dengan Tepat

Perawatan kulit kering

Kulit Kering

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat membantu merawat kulit kering:

  • Pilih Produk Perawatan Kulit yang Sesuai: Gunakan pembersih ringan dan bebas alkohol untuk menjaga kelembaban kulit. Pilih pelembab yang kaya akan bahan-bahan seperti gliserin, hyaluronic acid, dan minyak alami untuk membantu menjaga kelembaban kulit.
  • Hindari Air Panas dan Sabun yang Keras: Mandi dengan air hangat, bukan air panas, karena air panas dapat menghilangkan minyak alami kulit. Gunakan sabun ringan atau pembersih yang dirancang khusus untuk kulit kering.
  • Gunakan Minyak Alami: Minyak alami seperti minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak almond dapat digunakan sebagai pelembab tambahan untuk kulit kering.
  • Hindari Paparan Sinar Matahari Berlebihan: Gunakan tabir surya setiap kali berada di luar ruangan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat menyebabkan kulit lebih kering.
  • Minum Cukup Air: Pastikan Anda cukup minum air setiap hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Kulit yang terhidrasi dengan baik lebih mungkin tetap lembap.
  • Hindari Pakaian yang Menggosok Kulit: Pilih pakaian yang lembut dan hindari bahan yang dapat menyebabkan gesekan berlebih pada kulit.

Baca Juga: 6 Cara Merawat Rambut Kering dengan Bahan Alami, Cek Ramuan Berikut

Masker untuk kulit kering

Untuk itu, Anda bisa mencoba beberapa bahan alami untuk dipakai sebagai masker untuk kulit kering dan sensitif.

Bahan-bahan ini mudah dijumpai di rumah maupun supermarket dengan harga murah. Pastinya Anda perlu melakukannya secara rutin untuk mendapatkan kulit yang terhidrasi.

Simak daftar ramuan masker wajah untuk kulit kering dengan bahan alami dirangkum dari laman Everyday Health.

1. Oatmeal

Buatlah masker alami untuk merawat kulit yang kering dengan menggunakan oatmeal. Rendam diri Anda dalam air hangat yang dicampur dengan oatmeal untuk memulihkan kelembaban kulit dan mengatasi masalah kulit lainnya.

2. Susu

Susu bisa menjadi solusi untuk merawat kulit yang kering dan iritasi berkat kandungan antiinflamasi di dalamnya. Asam laktat dalam susu juga efektif membersihkan sel-sel kulit mati yang menghambat kelembaban kulit. Celupkan handuk ke dalam susu dingin dan gunakan sebagai kompres di area kulit kering selama lima hingga 10 menit secara teratur.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan masker yang sangat baik untuk merawat kulit kering, terutama di area yang paling kering seperti tumit dan tangan. Oleskan minyak kelapa pada kulit sebelum tidur, dan untuk hasil maksimal, gunakan kaus kaki sebagai penutup.

4. Minyak Zaitun dan Gula

Atasi kulit wajah yang kering dengan campuran minyak zaitun dan gula. Campurkan gula dengan minyak zaitun, lalu gosokkan secara perlahan ke kulit. Setelah dibilas, aplikasikan pelembab seperti biasa.

5. Minyak Alpukat

Buat masker kulit kering dengan mengombinasikan minyak alpukat dengan air dan ekstrak kunyit. Kombinasi ini dapat meremajakan kulit dan mengurangi kerutan, meskipun efek pelembapannya belum jelas.

6. Lidah Buaya

Gel lidah buaya tidak hanya bermanfaat sebagai penenang kulit terbakar matahari, tetapi juga dapat merawat kulit wajah yang kering. Gel ini dapat mengurangi kemerahan dan iritasi yang disebabkan oleh kekeringan berlebihan, serta mengurangi tanda-tanda penuaan dan masalah kulit lainnya.

Namun, bagi beberapa individu yang memiliki dermatitis kontak alergi terhadap lidah buaya, sebaiknya lakukan uji coba terlebih dahulu sebelum penggunaan secara luas.

Demikian penjelasan terkait tips membuat ramuan masker untuk kulit kering lewat memanfaatkan bahan alami.

Selanjutnya: Rupiah Diperkirakan Bergerak Fluktuatif, Senin (29/4)

Menarik Dibaca: Masuk Pancaroba, Cuaca Hujan Ekstrem Landa Wilayah Ini hingga Satu Pekan ke Depan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru