6 Bunga Pengusir Nyamuk, Cocok Ditanam di Sekitar Rumah

Rabu, 05 Januari 2022 | 12:48 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Bunga Pengusir Nyamuk, Cocok Ditanam di Sekitar Rumah

ILUSTRASI. Marigold adalah salah satu jenis bunga pengusir nyamuk.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nyamuk adalah tipe serangga yang perlu Anda waspadai. Alasannya karena nyamuk bisa menularkan banyak jenis penyakit, seperti DBD atau malaria. Salah satu cara yang cukup mudah untuk Anda coba adalah menanam bunga pengusir nyamuk di sekitar rumah Anda.

Sebenarnya, Anda bisa menemukan banyak pengusir nyamuk di pasaran. Namun, pengusir nyamuk itu biasanya terbuat dari bahan kimia yang dapat memberikan risiko buruk. Apalagi jika di rumah Anda ada anak kecil atau hewan peliharaan.

Anda tidak perlu menanam semua jenis bunga di bawah ini. Cukup pilih jenis bunga yang Anda sukai. Memilih tipe bunga yang memungkinkan untuk ditanam di pekarangan Anda juga bisa jadi salah satu pertimbangan.

Serai

Serai adalah salah satu jenis tanaman yang cukup umum dipakai sebagai bahan dasar pengusir nyamuk. Melansir Country Living (countryliving.com), serai memang salah satu tanaman yang efektif dijadikan cara mengusir nyamuk. Jadi, tak ada salahnya untuk menanam serai di halaman rumah.

Baca Juga: 7 Tanaman yang Bikin Ular Takut Dekat-dekat Rumah Anda

Lavender

Lavender adalah bunga pengusir nyamuk.

Bukan lagi jadi rahasia jika lavender termasuk dalam daftar bunga pengusir nyamuk. Banyak orang yang menyukai lavender karena aromanya yang harum. Namun, aroma yang keluar dari jenis bunga itu justru tidak disukai nyamuk, lho.

Kemangi

Siapa yang suka menjadikan kemangi sebagai lalapan? Selain cocok dijadikan pengusir nyamuk, daun kemangi juga ampuh membasmi jenis serangga yang lain. Anda bisa menanam daun kemangi di luar rumah atau menempatkannya di beberapa sudut dalam rumah.

Marigold

Marigold jadi bunga pengusir nyamuk selanjutnya yang bisa Anda jadikan pilihan. Sama seperti daun kemangi, marigold ampuh menjauhkan tempat tinggal Anda dari serangan nyamuk dan jenis serangga lain. Tidak hanya itu, marigold juga memiliki warna bunga yang indah dan menarik.

Baca Juga: Inilah cara mencegah demam berdarah, gejala, dan penyebabnya

Mint

Daun mint biasanya dipakai untuk menghias makanan dan minuman. Namun, siapa sangka ternyata jenis tanaman itu juga bisa dimanfaatkan sebagai cara mengusir nyamuk. Anda juga bisa mengolah daun mint sebagai essential oil yang bermanfaat.

Peppermint

Peppermint adalah jenis tanaman lain yang tak kalah efektif untuk menghilangkan serangan nyamuk. Sama seperti daun mint, peppermint pun memiliki aroma yang segar dan dapat dijadikan essential oil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru