CLOSE [X]

7 Tanaman yang Bikin Ular Takut Dekat-dekat Rumah Anda

Sabtu, 18 Desember 2021 | 07:58 WIB Sumber: Kompas.com
7 Tanaman yang Bikin Ular Takut Dekat-dekat Rumah Anda

ILUSTRASI. Ada sejumlah tanaman tertentu yang dapat mengusir ular berbisa dari pekarangan rumah Anda secara alami, salah satunya serai.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski merupakan salah satu binatang yang menakutkan, namun ular adalah hewan yang memegang peranan penting dari ekosistem untuk menjaga populasi hama. 

Hanya saja, ada banyak spesies ular memiliki bisa serta gigitan yang berbahaya sampai mematikan bagi manusia. Anda yang tinggal di daerah rawan ular, tentu mengkhawatirkan keberadaan ular yang berbisa tersebut. 

Untuk mengatasinya, cobalah menggunakan tanaman tertentu yang dapat mengusir ular berbisa dari pekarangan rumah Anda secara alami. Caranya ialah dengan menanam tanaman yang dapat mengusir ular. 

Dilansir dari Pets, Sabtu (04/12/2021) berikut 7 tanaman yang ampuh mengusir ular dari halaman rumah. 

1. Serai 

Serai menghasilkan bau jeruk yang menyengat dan tidak disukai ular. Citronella juga merupakan produk sampingan dari serai, yang dibenci nyamuk. Ini adalah salah satu tanaman terbaik yang mengusir ular, nyamuk, dan bahkan kutu dari kebun Anda. Serai tahan kekeringan dan mudah perawatannya. 

2. Lidah mertua 

Lidah Mertua adalah salah satu tanaman terbaik yang mengusir ular karena daunnya yang tajam. Selain itu, tanaman ini juga dapat meremajakan oksigen dengan kecepatan yang lebih tinggi dari biasanya. Tidak seperti tanaman bau, ular menemukan pemandangan Lidah Mertua menakutkan. 

Ini adalah tanaman yang tampak bagus untuk dimiliki di sekitar taman sebagai cara untuk mencegah ular masuk ke rumah. Tak hanya itu, kelebihan tanaman ini ialah perawatannya rendah. 

Tanaman membutuhkan air hanya tiga kali seminggu dan tanaman tahunan ini akan bertahan selama bertahun-tahun. 

3. Bawang merah dan bawang putih 

Bawang merah dan bawang putih adalah tanaman kebun yang sangat berguna untuk mengusir ular. Kedua tanaman ini mengeluarkan bau yang tidak disukai ular, tetapi juga membingungkan mereka. 

Tanaman bawang putih dianggap sebagai tanaman terbaik untuk mengusir ular. Sebab ia mengeluarkan residu berminyak ketika ular merayap di permukaannya. Minyak ini bekerja sangat mirip dengan bawang ketika kita mengirisnya: aromanya membingungkan seperti semprotan merica. 

4. Andrographis paniculata 

Tanaman ini endemik di Asia, khususnya di India dan Sri Lanka. Memiliki akar dan daun yang sangat pahit sehingga ampuh untuk mengusir ular. Diketahui bahwa tanaman ini memiliki efek kuat pada sisik ular. 

Konon, jika daunnya dioleskan pada kulit ular, maka akan kepanasan dan bengkak. 

5. Marigold 

Selain bunganya yang berwarna cerah dan indah, tanaman ini telah lama ditetapkan sebagai salah satu pengusir hama dan ular yang paling ampuh. Tanaman ini memiliki akar yang sangat kokoh dan mereka memancarkan bau yang kuat sampai ke lubang liang ular. Sehingga menghindarkan pekarangan rumah Anda dari ancaman ular berbahaya. 

6. Akar ular 

Ini adalah tanaman lain yang endemik di seluruh Asia. Juga dikenal sebagai lada setan (atau serpentina di Asia), ia memiliki akar pahit dan dedaunan yang digunakan untuk mengusir ular dari peternakan dan kebun. 

Ini karena komponennya yang disebut reserpin yang menyebabkan pusing dan memperlambat detak jantung ular. 

7. Agapanthus merah muda 

Seperti Marigold, tanaman ini dapat mempercantik pekarangan Anda sekaligus berfungsi sebagai pengusir ular. Tanaman ini memiliki bau yang kuat yang sangat menjengkelkan bagi ular. Menariknya, ini digunakan untuk mengobati infeksi sinus di antara orang-orang. 

(Penulis: Lolita Valda Claudia)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengusir Ular Dari Rumah Tapi Takut? Coba Tanam 7 Tanaman Ini"
Penulis : Artika Rachmi Farmita
Editor : Artika Rachmi Farmita

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru