CLOSE [X]

6 Cara Menghilangkan Ketombe Menggunakan Bahan Alami, Mau Coba?

Rabu, 29 Juni 2022 | 05:20 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
6 Cara Menghilangkan Ketombe Menggunakan Bahan Alami, Mau Coba?


KONTAN.CO.ID - Salah satu cara alternatif menghilangkan ketombe adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Cukup banyak bahan-bahan alami yang bisa digunakan untum menghilangkan ketombe dan tidak kalah ampuh dengan produk rambut lainnya. 

Munculnya ketombe biasanya menjadi tamda bahwa kulit kepala sedang tidak baik. Selain itu, jika dibiarkan ketombe yang sudah membandel akan berdampak buruk juga terhadap kesehatan kulit kepala. 

Selain itu, ketombe juga bisa membuat seseorang kurang percaya diri karena banyak ketombe yang menempel di pakaian yang kenakan. Oleh karena itu penting untuk merawat kesehatan kulit kepala khususnya menghilangkan ketombe.

Baca Juga: Belum Banyak Diketahui Orang, Ini 6 Manfaat Jamur Untuk Kesehatan

Melansir dari NDTV, ketombe muncul karena adanya infeksi jamur di kulit kepala. Untuk mengatasi dan menghilangkan ketombe ada bisa menggunakan bahan-bahan alami. 

Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu bahan yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe. Pasalnya, lidah buaya memiliki kandungan anti jamur dan anti bakteri yang bisa membersihkan kulit kepala dari jamur atau bakteri. 

Tea Tree Oil 

Selain lidah buaya, tea tree oil juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Pasalnya, tea tree oil mengandung bangak anti inflamasi dan anti mikroba serta juga bisa juga digunakan sebagai obat jerawat. 

Baca Juga: 6 Makanan yang Mengandung Banyak Serat Dan Cocok Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Baking Soda

Baking soda juga merupakan salah satu bahan yang bisa menghilangkan ketombe di kepala. Hal tersebut dikarenakan baking soda mengandung anti jamur yang bisa membersikan sel kulit mati di kepala. 

Bawang Putih

Siapa sangka bawang putih yang biasanya digunakan sebagai bahan masakan ternyata juga mempunyai khasiat menghilangkan ketombe. 

Sama seperti baking soda dan lidah buaya, bawang putih mengandung anti jamur yang bisa menghilangkan ketombe. Aroma bawang putih bisa dihilangkan dengan cara anda harus setelah memakai bawang putih yang dihaluskan. 

Minyak Kelapa

Minyak kelapa

Minyak kelapa juga dipercaya mampu menghilangkan ketombe di kepala. Pasalnya, minyak kelapa juga mengandung anti mikroba dan bisa mencegah infeksi jamur yang berpotensi menimbulkan ketombe. 

Baca Juga: 8 Manfaat Mengkonsumsi Teh Hijau Untuk Kesehatan, Yuk Coba

Cuka

Cuka juga menjadi salah satu bahan alami yang bisa menghilangka ketombe. Cuka terbilang efektif membunuh bakteri yang berpotensi menjadi ketombe. 

Cuka juga mampu mengatasi kulit kepala yang kering. Namun, perlu diperhatikan jika ada luka di kepala pasalnya cuka akan membuat perih dan disarankan dipakai sebelum akan melakukan keramas. 

Demikian bahan-bahan alami yang bisa dijadikan cara untuk menghilang ketombe. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru