6 Cara mengusir nyamuk, mudah dan pakai bahan alami

Senin, 01 November 2021 | 08:41 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Cara mengusir nyamuk, mudah dan pakai bahan alami

ILUSTRASI. Lakukan cara mengusir nyamuk memakai bahan alami.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain menimbulkan suara yang membuat tak nyaman, nyamuk juga bisa meningkatkan risiko infeksi penyakit. Misalnya, penyakit malaria, DBD, dan lain-lain. Supaya hal itu tidak Anda alami, cara mengusir nyamuk sebaiknya Anda lakukan.

Obat semprot nyamuk merupakan salah satu cara yang cukup sering digunakan oleh banyak orang. Namun, tahukah Anda bahwa masih banyak cara lain yang dapat Anda lakukan? Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan alami.

Selain efektif digunakan untuk mengusir nyamuk, bahan-bahan alami di bawah ini cukup aman untuk dipakai. Namun, bukan berarti Anda bisa meletakkannya sembarangan, ya. Usahakan untuk menjauhkan bahan-bahan berikut dari jangkauan anak kecil atau hewan peliharaan.

Minyak Mimba dan Minyak Kelapa

Minyak mimba atau neem oil bisa jadi pengusir nyamuk yang cukup efektif. Anda perlu mencampur minyak mimba dengan minyak kelapa dan air lalu masukkan campuran itu ke botol semprot. Mengutip dari This Old House (thisoldhouse.com), campuran itu juga bisa Anda semprotkan di kulit Anda.

Baca Juga: 4 Cara mengusir kecoa menggunakan bahan alami, Anda bisa coba

Tea Tree Oil

Tidak hanya mengusir nyamuk, tea tree oil juga bisa menyembuhkan gigitan nyamuk. Alasannya karena jenis minyak itu mengandung antiseptik dan antiinflamasi. Untuk membuat pengusir nyamuk, campur 10 tetes tea tree oil, 30 ml minyak kelapa, dan air dalam sebuah botol semprot.

Bawang Putih

Bawang putih dapat dijadikan cara mengusir nyamuk.

This Old House mengatakan bahwa salah satu manfaat bawang putih adalah sebagai pengusir nyamuk. Anda hanya perlu mencampur bawang putih dengan air lalu masukkan ke dalam botol semprot. Semprotkan air bawang putih itu ke beberapa sudut rumah.

Essential Oil

Beberapa jenis essential oil yang bisa mengusir nyamuk adalah lavender, minyak kayu putih, atau lemon. Sama seperti poin sebelumnya, Anda hanya perlu mencampur beberapa tetes essential oil dengan air lalu semprotkan ke beberapa sudut rumah.

Baca Juga: Hanya perlu bahan alami, cek 4 cara mengusir kecoa ini

Kemangi

Tak hanya cocok dijadikan lalapan, kemangi juga bisa dimanfaatkan sebagai cara mengusir nyamuk. Anda bisa memakai minyak kemangi di kulit Anda supaya terhindar dari gigitan nyamuk. Selain itu, Anda bisa menempatkan tanaman kemangi di beberapa sudut rumah supaya tak ada nyamuk yang datang.

Bubuk Kopi

Bubuk kopi berguna sebagai cara mengusir nyamuk.

Apakah Anda suka minum kopi? Jika iya, jangan buang sisa bubuk kopinya karena bisa dipakai sebagai cara mengusir nyamuk. Anda hanya perlu meletakkan bubuk kopi di kertas karton atau baki lalu bakar sebentar.

Aroma yang keluar dari hasil pembakaran itu akan menjauhkan nyamuk dari lingkungan tempat tinggal Anda. Namun, pastikan untuk meletakkannya di tempat yang aman, ya. Jauhkan dari hewan peliharaan dan anak kecil.

Selanjutnya: Makin banyak nyamuk di musim hujan, simak tips untuk mengusirnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru