6 Ciri-Ciri Diabetes yang Mungkin Tidak Disadari, Waspada!

Selasa, 21 Juni 2022 | 13:51 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
6 Ciri-Ciri Diabetes yang Mungkin Tidak Disadari, Waspada!

ILUSTRASI. Ciri-ciri diabetes.


KESEHATAN - Perlu Anda ketahui, ada beberapa ciri-ciri diabetes yang biasanya tidak disadari. Oleh sebab itu, Anda harus lebih waspada jika mengalami gejala diabetes, seperti berat badan yang menurun.

Pasalnya, tak sedikit orang yang tidak mengetahui ciri-ciri diabetes. Padahal, diabetes adalah salah satu penyakit yang mempunyai risiko tinggi menimbulkan berbagai penyakit berbahaya lain. 

Ciri-ciri dan gejala diabetes yang dialami setiap orang juga berbeda-beda. Namun, jika Anda mengalami gejala yang mengganggu kesehatan, jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter sebelum terlambat. 

Baca Juga: 6 Gejala Penyakit Ginjal yang Harus Diwaspadai, Hati-Hati!

Melansir dari Hormonemds, ada beberapa ciri-ciri diabetes yang perlu Anda ketahui dan waspadai:

Berat badan turun 

Jika berat badan Anda turun secara dratis dibarengi dengan rasa lapar yang meningkat, itu bisa jadi menjadi ciri-ciri diabetes.

Soalnya, diabetes diakibatkan oleh gangguan insulin yang berpengaruh terhadap penyerapa nutrisi dalam makanan. 

Rasa lapar meningkat drastis 

Salah satu ciri-ciri dari gejala diabetes adalah rasa lapar yang meningkat cukup drastis. Sebab, glukosa tidak bisa masuk ke otot, akibatnya Anda akan merasa lapar sekalipun baru selesai makan. 

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Gejala Gula Darah Tinggi, Semakin Waspada Diabetes

Haus 

Selain merasa lapar, ciri-ciri diabetes lainnya adalah merasa haus yang berlebihan. Karena, jumlah gula darah meningkat yang membuat tubuh lebih banyak membutuhkan cairan. 

Sering buang air kecil 

Ciri-ciri diabetes selanjutnya adalah buang air kecil dengan intensitas yang cukup tinggi. Dalam beberapa kasus, hal tesebut dikarenakan ginjal berusahan mengeluarkan jumlah gula darah dalam tubuh. 

Baca Juga: 6 Buah yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil, Cocok Untuk Dijadikan Camilan

Pandangan kabur

Salah satu ciri diabetes lainnya juga bisa membuat pandangan Anda kabur. Peningkatan jumlah gula darah bisa mengakibatkan mata membengkak sehingga pandangan menjadi terganggu. 

Kulit kering

Ciri-ciri diabetes juga bisa ditandai dengan kulit yang mulai mengering. Penyebabnya, kurangnya cairan dalam yang berakibat terhadap kulit yang kurang terhidrasi dengan baik. 

Jika Anda mengalami beberapa ciri-ciri diabetes di atas, sekali lagi jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru