6 Gejala Penyakit Ginjal yang Harus Diwaspadai, Hati-Hati!

Selasa, 21 Juni 2022 | 06:00 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
6 Gejala Penyakit Ginjal yang Harus Diwaspadai, Hati-Hati!


KESEHATAN - Penyakit ginjal umumnya terjadi karena fungsi ginjal tidak berjalan semestinya. Terdapat beberapa gejala penyakit ginjal yang perlu diwaspadai. Hal tersebut perlu diketahui guna sebagai pencegahan sekaligus melakukan penanganan lebih cepat.

Padahal fungsi ginjal sangat penting yaitu sebagai utama limbah tubuh seperti makanan, zat kimia dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sangat penting mengetahui gejala-gejala penyakit ginjal agar masalah bisa cepat ditangani. 

Ada beberapa gejala penyakit ginjal yang kerap terabaikan oleh penderitanya. Hal tersebut dikarenakan gejala yang ditimbulkan mirip dengan gejala penyakit lain pada umumnya. 

Baca Juga: 5 Makanan yang Ampuh Dijadikan Sebagai Obat Alami Mengatasi Asam Lambung, Catat!

Melansir dari Aria Med Tour, berikut beberapa gejala penyakit ginjal yang perlu Anda ketahui: 

Nafsu Makan Berkurang

Gejala penyakit ginjal yang perlu Anda ketahui juga adalah bisa membuat nafsu makan berkurang. Memang terlihat sepele, namun Anda perlu mewaspadai hal tersebut. 

Pasalnya, hal itu disebabkan adanya penumpukan racun di dalam tubuh yang tidak terbuang oleh ginjal. 

Nyeri Dada

Gejala penyakit ginjal yang pertama adalah nyeri dada atau dada terasa sesak. Hal tersebut dikarenakan adanya penumpukan cairan di paru-paru akibat berkurangnya fungsi ginjal sehingga menimbulkan nyeri dan sesak di bagian dada. 

Baca Juga: Tengok Daftar Harga Macbook Air M1 Terbaru di iBox per Juni 2022

Sering Buang Air Kecil 

Intensitas buang air kecil yang bertam drastis juga bisa menjadi gejala penyakit ginjal. Selain seringnya buang air kecil, air kencing juga biasanya dibarengi dengan buih dan darah. 

Jika mengalami gejala tersebut segeralah periksa kondisi kesehatan ginjal Anda ke dokter atau tenaga medis terdekat. 

Mata Bengkak 

Mata bengkak bisa menjadi salah satu gejala penyakit ginjal loh. Pasalnya, di area mata juga terjadi penumpukan caira akibat fungsi ginjal yang tidak berjalan semestinya.

Meski demikian, mata bengkak juga dapat disebabkan oleh berbagai penyakit lain. 

Kaki Bengkak 

Selain mata bengkak, kaki juga bisa membengkak jika Anda mengalami penyakit ginjal. Hal tersebut dikarenakan ginjal gagal membuang natrium di dalam tubuh sehingga menyebabkan kaki yang membengkak. 

Baca Juga: 7 Manfaat Mengkonsumsi Melon Untuk Kesehatan, Mampu Melancarkan Pencernaan Loh

Kulit Gatal 

Gejala penyakit ginjal lainnya bisa juga menimbulkan rada gatal di area kulit. Fungsi ginjal yang tidak normal membuat adanya ketidakseimbangan cairan dalam tubuh yang menimbulkan rasa gatal di kulit. 

Demikian beberapa gejala penyakit ginjal yang perlu Anda ketahui. Segeralah pergi ke dokter jika mengalami gejala berkepanjangan supaya bisa segera ditangani. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru