6 Jenis Bunga Pengusir Nyamuk di Rumah, Wangi Juga Lo

Senin, 22 Agustus 2022 | 12:08 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
6 Jenis Bunga Pengusir Nyamuk di Rumah, Wangi Juga Lo

ILUSTRASI. Lavender adalah salah satu bunga pengusir nyamuk.


KONTAN.CO.ID - Salah satu cara alternatif mengusir nyamuk bisa dengan memanfaatkan bunga pengusir nyamuk. Ada beberapa jenis bunga pengusir nyamuk yang cocok disimpan atau ditanam di rumah.

Selain efektif mengusir nyamuk, beberapa jenis bunga tersebut juga cocok untuk ditanam hingga dipajang untuk menghiasi rumah Anda karena memiliki warna-warna yang unik dan aroma wangi yang enak juga.

Sebenarnya, ada banyak cara pengusir nyamuk yang dijual di pasaran. Namun, kebanyakan berbahan kimia dan berbahaya bagi kesehatan Anda dan hewan peliharaan.

Baca Juga: Ampuh! Begini Cara Mengatasi Sakit Pinggang Secara Alami

Oleh karena itu, sebagai alternatif ada beberapa jenis bunga pengusir nyamuk yang dilansir dari Country Living bisa Anda coba tanam di rumah: 

1. Basil 

Rekomendasi bunga pengursir nyamuk yang pertama adalah basil. Tanaman ini dipercaya dapat mengusir nyamuk dengan ditempatkan di area yang kerap menjadi sarang binatang tersebut. 

2. Lavender 

Lavender tentunya sudah tidak asing di telinga Anda. Pasalnya, bunga pengusir nyamuk ini terbilang cukup populer di Indonesia. 

Selain dapar mengusir nyamuk, lavender mempunyai aroma yang enak untuk ruangan.

Baca Juga: 6 Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan yang Menarik Untuk Diketahui

3. Peppermint

Rekomendasi tanaman hias yang mampu mengusir nyamuk selanjutnya yaitu peppermint. Soalnya, peppermint mengeluarkan aroma yang kurang disukai oleh nyamuk.

Oleh karena itu, menanam peppermint di rumah menjadi salah satu cara efektif mengusir nyamuk. Selain itu, tanaman pengusir nyamuk ini juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan masakan. 

4. Serai 

Serai juga merupakan bunga atau tanaman pengusir nyamuk yang bisa dijadikan opsi. Sama seperti peppermint, serai juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan masakan. 

5. Marigold

Rekomendasi bunga pengusir nyamuk lainnya adalah marigold. Selain efektif bisa membuat nyamuk kocar-kacir, marigold merupakan tanaman yang indah untuk dipajang. 

Sebab, tanaman pengusir nyamuk ini mempunyai warna-warna yang bagus membuat ruangan menjadi lebih estetik.

Baca Juga: 6 Buah Untuk Diet yang Efektif Menurunkan Berat Badan, Catat!

6. Rosemary

Bunga pengusir nyamuk terakhir adalah rosemary. Kenapa rosemary? Tanaman ini mengeluarkan aroma kuat yang tidak sukai oleh nyamuk. 

Oleh karena itu, rosemary cocok untuk dijadikan opsi bunga pengusir nyamuk. Selain itu, cara merawat tanaman ini juga relatif mudah.

Demikian beberapa jenis bunganpengusir nyamuk yang bisa dijadikan opsi. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru