6 Makanan penurun tekanan darah tinggi, bisa Anda coba

Senin, 24 Mei 2021 | 18:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Makanan penurun tekanan darah tinggi, bisa Anda coba

KONTAN.CO.ID - Tekanan darah yang terlalu tinggi berpengaruh pada kesehatan jantung Anda. Mengontrol tekanan darah adalah hal penting yang perlu Anda lakukan. Salah satu caranya: dengan mengonsumsi makanan penurun tekanan darah tinggi.

Sebenarnya, tekanan darah tinggi menjadi lebih terkontrol saat Anda menerapkan pola hidup sehat secara keseluruhan. Misalnya, rajin olahraga, mengatur pola makan, berhenti merokok, dan membatasi konsumsi alkohol.

Beberapa jenis makanan dalam artikel ini bisa Anda gunakan sebagai pilihan. Namun, tentu saja Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter. Apalagi, jika Anda sedang mengonsumsi obat hipertensi tertentu.

Apel

Laman A&D Medical merekomendasikan mengonsumsi apel supaya tekanan darah menjadi lebih terkontrol. Antioksidan dalam apel juga efektif melawan radikal bebas penyebab penyakit. Cobalah untuk mengonsumsi apel secara rutin supaya manfaat itu bisa Anda dapat.

Baca Juga: 4 Cara menurunkan kolesterol ini patut untuk Anda coba

Bawang putih

Bawang putih termasuk salah satu makanan penurun tekanan darah tinggi yang bisa Anda jadikan pilihan. Jenis bahan alami itu mampu membuat pembuluh darah rileks. Dengan begitu, jantung tak perlu bekerja terlalu keras sehingga kesehatan tubuh Anda pun terjaga.

Bayam

Apakah Anda gemar mengonsumsi bayam? Ternyata jenis sayuran itu bisa mengontrol tekanan darah Anda, lo. Bayam dipenuhi dengan berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat. Misalnya, kalium dan asam folat.

Cokelat Hitam

Cokelat hitam juga termasuk dalam makanan penurun tekanan darah tinggi. Menurut A&D Medical, cokelat hitam yang terdiri dari minimal 60% cacao mengandung antioksidan yang tinggi.

Selain menurunkan tekanan darah, jenis makanan itu juga mampu melindungi tubuh dari infeksi penyakit yang lain.

Baca Juga: 4 Jus sayur dan buah yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi

Yogurt

Jika Anda ingin mengontrol tekanan darah, cobalah untuk mengonsumsi yogurt secara rutin. Yogurt memiliki kandungan kalsium tinggi yang baik untuk kondisi pembuluh darah Anda. Namun, usahakan untuk mengonsumsi yogurt rendah lemak, ya.

Teh hijau

Salah satu makanan penurun tekanan darah tinggi adalah teh hijau.

Selain efektif digunakan sebagai cara menurunkan berat badan, teh hijau juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah Anda. Cobalah untuk minum satu gelas teh hijau tiap hari.

Tak hanya menurunkan risiko hipertensi, kebiasaan itu juga dapat menghindarkan Anda dari risiko stroke dan jenis penyakit jantung yang lain.

Selanjutnya: Coba 5 opsi buah penurun tekanan darah tinggi ini, yuk

Editor: Belladina Biananda
Terbaru