6 Manfaat buah nanas, bisa menurunkan tekanan darah tinggi

Rabu, 24 November 2021 | 08:41 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Manfaat buah nanas, bisa menurunkan tekanan darah tinggi

ILUSTRASI. Ada banyak manfaat buah nanas yang berguna untuk kesehatan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rutin mengonsumsi buah nanas ternyata baik untuk kesehatan tubuh Anda, lho. Manfaat buah nanas datang dari berbagai jenis kandungan yang ada di dalamnya. Mulai dari vitamin A, kalium, vitamin B, mangan, vitamin C, dan vitamin serta mineral yang lain.

Salah satu khasiat buah nanas baik untuk penderita hipertensi. Alasannya karena jenis buah itu mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Kalium di buah nanas membantu pembuluh darah rileks sehingga aliran darah pun menjadi lebih lancar.

Tidak hanya cocok jadi obat hipertensi, buah nanas juga berguna untuk kesehatan tubuh yang lain. Meski demikian, jangan lupa untuk bertanya dulu ke dokter sebelum Anda mengonsumsinya secara teratur. Khususnya bagi Anda dengan kondisi kesehatan tertentu.

Mengurangi Mual

Lifehack (lifehack.org), minum satu gelas jus nanas tiap pagi bisa mengurangi mual, apalagi jika mual muncul karena Anda sedang hamil. Jika Anda mudah mual saat melakukan perjalanan, cobalah untuk minum jus nanas beberapa jam sebelum perjalanan dimulai.

Baca Juga: Penuh antioksidan, Ini jus buah dan sayur yang bikin kolesterol minta ampun

Cegah Kanker

Manfaat buah nanas berikutnya adalah cocok digunakan untuk mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel kanker. Buah nanas memiliki banyak antioksidan yang membantu tubuh Anda untuk melawan radikal bebas. Dengan begitu, pertumbuhan sel kanker dapat melambat hingga benar-benar mati.

Mengobati Jerawat

Manfaat buah nanas bisa jadi obat jerawat.

Jika Anda memiliki tipe kulit berjerawat, cobalah untuk memanfaatkan buah nanas. Mengutip dari Lifehack, vitamin C, bromelain, dan antiinflamasi adalah beberapa kandungan dalam buah nanas yang memberikan manfaat itu. Untuk meningkatkan hasilnya, Anda bisa mencampur nanas dengan kunyit.

Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Bibir kering dan pecah-pecah tak hanya membuat penampilan Anda kurang maksimal. Kondisi itu juga bisa meningkatkan risiko infeksi. Untuk mengatasinya, cobalah untuk memakai buah nanas. Campur buah nanas dengan minyak kelapa lalu aplikasikan pada bibir Anda secara teratur.

Baca Juga: 4 Obat tekanan darah tinggi ini dari bahan-bahan alami

Meredakan Stres

Salah satu manfaat buah nanas adalah meredakan stres.

Tahukah Anda bahwa salah satu manfaat buah nanas adalah meredakan stres? Vitamin B dan kandungan lain dalam buah nanas membantu otak Anda untuk berfungsi secara optimal. Dengan begitu, Anda menjadi lebih mampu untuk mengelola stres yang Anda rasakan.

Mencegah Rambut Rontok

Bila Anda sering berhadapan dengan masalah rambut rontok, cobalah untuk menggunakan buah nanas. Saat diaplikasikan pada rambut secara langsung, nutrisi dalam buah nanas mampu meningkatkan kesehatan folikel rambut sehingga rambut bisa tumbuh lebih kuat dan tebal.

Selanjutnya: Drakor King's Affection kuat memimpin persaingan rating, kalahkan 2 judul terbaru

Editor: Belladina Biananda
Terbaru