6 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah, Mengecilkan Pori-Pori

Jumat, 17 Desember 2021 | 15:04 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah, Mengecilkan Pori-Pori

ILUSTRASI. Anda bisa mendapat banyak manfaat jeruk nipis untuk wajah.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Manfaat jeruk nipis untuk wajah ada banyak, lho. Tentu saja Anda perlu memakainya secara teratur supaya efeknya bisa lebih cepat terasa di kulit Anda. Meski bisa dipakai sendiri, usahakan untuk tetap berkonsultasi ke dokter untuk mengatasi masalah kulit, ya.

Ada berbagai macam kandungan jeruk nipis yang berguna untuk kesehatan kulit. Mulai dari vitamin C, vitamin E, vitamin K, vitamin A, kalsium, kalium, magnesium, dan lain sebagainya. Tidak berhenti sampai di situ, jeruk nipis juga mengandung banyak antioksidan.

Antioksidan dibutuhkan tubuh untuk melawan serangan radikal bebas. Artinya, kemunculan tanda-tanda penuaan dan masalah kulit yang lain bisa diatasi oleh bahan alami itu. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan manfaat air jeruk nipis berikut ini.

Mengecilkan Pori-Pori

Jeruk nipis untuk wajah juga bisa Anda gunakan untuk mengecilkan pori-pori, lo. Kandungan dalam jeruk nipis berperan sebagai astringen sehingga tampilan kulit Anda menjadi lebih halus. Selain itu, pori-pori yang mengecil juga bisa menurunkan produk minyak kulit yang berlebih.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan flek hitam memakai bahan alami

Mengobati Jerawat dan Bekas Jerawat

Manfaat jeruk nipis untuk wajah adalah mengobati jerawat.

Bagi pemilik tipe kulit mudah berjerawat, ada baiknya untuk memakai masker jeruk nipis secara rutin. Mengutip dari Stylecraze (stylecraze.com), jeruk nipis mengandung banyak antibiotik yang mampu melawan serangan bakteri penyebab jerawat.

Kandungan jeruk nipis pun mampu mengontrol produksi minyak alami kulit. Jadi, cocok digunakan untuk Anda yang memiliki tipe kulit berminyak. Supaya khasiat jeruk nipis untuk wajah semakin maksimal, cobalah untuk mencampurnya dengan madu.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Membersihkan sel kulit mati jadi manfaat jeruk nipis untuk wajah selanjutnya yang bisa Anda dapat. Stylecraze mengatakan, asam sitrat yang terkandung dalam jeruk nipis mampu membersihkan sel kulit mati dan jenis kotoran lain yang menyumbat pori-pori wajah.

Baca Juga: Bahan-bahan alami ini bisa digunakan untuk hilangkan flek hitam, apa saja?

Menyamarkan Noda Hitam

Manfaat jeruk nipis untuk wajah adalah menyamarkan noda hitam.

Manfaat jeruk nipis untuk kecantikan berikutnya adalah menyamarkan noda hitam di kulit Anda. Cobalah untuk mengaplikasikan jeruk nipis selama 30 menit pada area kulit dengan noda hitam. Pencerah alaminya akan bekerja untuk menyamarkan masalah kulit itu.

Mencegah Kemunculan Tanda-Tanda Penuaan

Manfaat jeruk nipis untuk wajah terbaik yang tidak boleh Anda lewatkan adalah bahan alami itu mampu mencegah kemunculan tanda-tanda penuaan. Kandungan dalam kulit jeruk nipis mampu mencegah produksi melanin sehingga noda hitam, kerutan, dan tanda penuaan lainnya bisa berkurang.

Mencerahkan Kulit

Jika Anda ingin membuat kulit wajah Anda menjadi lebih cerah, cobalah untuk memanfaatkan jeruk nipis secara teratur. Anda hanya perlu mencampur air perasan jeruk nipis dan madu dalam segelas air hangat. Minum air tersebut tiap pagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru