6 Manfaat Madu untuk Wajah, Bisa Menghilangkan Komedo

Senin, 31 Januari 2022 | 08:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Manfaat Madu untuk Wajah, Bisa Menghilangkan Komedo

ILUSTRASI. Manfaat madu untuk wajah ada banyak.


KESEHATAN - JAKARTA. Bukan lagi jadi rahasia bila madu mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Makanya, bahan alami itu bisa Anda pakai di wajah. Dengan memakainya secara teratur, beragam manfaat madu untuk wajah bisa Anda rasakan.

Manfaat madu berasal dari berbagai macam nutrisi yang terkandung dalam bahan alami itu. Mulai dari antiinflamasi, antiseptik, antioksidan, dan antibakteri. Selain itu, madu juga kaya akan vitamin B, zat besi, kalsium, zinc, dan lain sebagainya.

Namun, Anda tetap perlu melakukan uji coba dulu jika ingin memakai madu. Gunakan madu di satu titik kulit yang tidak mudah terlihat, misalnya belakang telinga. Jika tak muncul iritasi, Anda bisa melanjutkan pemakaian sehingga manfaat ini bisa Anda dapat secara maksimal.

Menghilangkan Komedo

Apakah Anda memiliki banyak komedo? Jika iya, cobalah untuk mulai rutin memakai madu. Anda tidak perlu khawatir karena bahan alami itu tidak akan membuat keseimbangan pH kulit hilang. Tidak berhenti sampai di situ, antibakteri, antioksidan, dan kandungan madu lain bisa melembabkan kulit.

Baca Juga: Selain Menurunkan Berat Badan, Ini Manfaat Teh Daun Salam untuk Kesehatan

Membersihkan Sel Kulit Mati

Mengutip dari Pharmeasy (pharmeasy.in), madu akan mengkristal saat bercampur dengan air atau bertemu dengan suhu tubuh. Nah, hal itulah yang membuat madu cukup efektif membersihkan sel kulit mati yang menumpuk.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, gosok madu di antara kedua telapak tangan lalu aplikasikan langsung pada kulit wajah dengan gerakan memutar. Lakukan langkah tersebut selama beberapa menit lalu bersihkan sisa madu dengan handuk basah.

Obat Jerawat

Mengobati jerawat termasuk manfaat madu untuk wajah.

Salah satu manfaat madu untuk wajah adalah mengobati jerawat. Kemampuan itu berasal dari kandungan antiinflamasi dan antiseptik. Dengan penggunaan secara rutin, kulit yang memerah akibat jerawat akan berkurang sehingga jerawat bisa sembuh dengan lebih cepat.

Menyamarkan Garis Halus

Kerutan dan garis halus di wajah jadi salah satu tanda penuaan yang dialami oleh banyak orang. Jika Anda mengalami hal itu, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan madu. Kandungan madu akan menutrisi dan melembabkan kulit secara maksimal.

Tak hanya itu, antioksidan yang terdapat dalam madu mampu melawan radikal bebas. Dengan begitu, tanda penuaan yang lain, seperti noda hitam, bisa hilang. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Pertama, campur 1 sdm madu dan pepaya atau yogurt dengan perbandingan yang sama lalu aplikasikan pada kulit wajah selama 30 menit. Jangan lupa untuk memijat kulit dengan gerakan memutar selama beberapa menit. Tujuannya agar aliran darah menjadi lebih lancar dan kulit menjadi lebih kencang.

Baca Juga: Cari Penghilang Bekas Jerawat? Coba 5 Bahan Alami Ini

Menyamarkan Bekas Luka

Manfaat madu untuk wajah selanjutnya yang bisa Anda dapatkan adalah bahan alami itu efektif menyamarkan bekas luka. Pharmeasy mengatakan bahwa manfaat itu berasal dari antioksidan yang terdapat dalam madu.

Mencerahkan Warna Kulit

Memiliki kulit wajah yang kusam bisa mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya, cobalah untuk rutin memakai madu. Madu kaya akan antioksidan sehingga efektif mencegah radikal bebas yang membuat kulit kusam dan menyebabkan munculnya masalah kulit yang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru