CLOSE [X]

6 Tips Mudik Bareng Si Kecil, Tetap Aman dan Terasa Nyaman

Jumat, 29 April 2022 | 13:00 WIB   Reporter: Ana Risma
6 Tips Mudik Bareng Si Kecil, Tetap Aman dan Terasa Nyaman


KONTAN.CO.ID - Lebaran sudah di depan mata. Salah satu tradisi lebaran yang masih eksis hingga sekarang adalah mudik atau pulang kampung.

Selain mempersiapkan oleh-oleh untuk dibagikan kepada sanak saudara di kampung halaman, fisik yang prima dan perlengkapan pribadi yang lengkap juga perlu dipersiapkan dengan baik supaya mudik berjalan lancar terutama jika Anda membawa serta anak-anak Anda yang masih sangat kecil.

Nah, untuk membantu Anda mempersiapkan mudik yang tetap aman dan terasa nyaman bersama si kecil, berikut MomsMoney bagikan tipsnya yang dilansir dari Nutriclub dan Info Mudik Kabupaten Blitar.

Baca Juga: 5 Manfaat Yoga Setelah Melahirkan, Yuk Simak!

1. Persiapkan perlengkapan yang dibutuhkan

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum mengajak si kecil mudik tentu saja mempersiapkan barang-barang yang dibutuhkan demi kenyamanan anak.

Berikut daftar perlengkapan yang tidak boleh Anda lewatkan saat mudik bersama anak:

  • Popok. Usahakan untuk membawa popok ekstra untuk berjaga-jaga bila terjadi hal yang darurat di perjalanan.
  • Lap. Sebaiknya bawalah beberapa lap bersih yang biasa digunakan untuk mengelap kulit anak.
  • Alas plastik. Alas plastik diperlukan untuk memudahkan Anda menyeka atau mengganti popok anak.
  • Selimut. Siapkan beberapa selimut yang lembut supaya anak merasa nyaman di perjalanan.
  • Tas plastik. Bawa beberapa tas plastik dengan berbagai ukuran yang berbeda untuk digunakan sebagai wadah menyimpan pakaian kotor, sampah bekas popok, hingga sepatu anak.
  • Handsanitizer, tisu basah, dan tisu kering.
  • Mainan kesayangan anak.
  • Pakaian, kaos kaki, dan sepatu anak.
  • Perlengkapan mandi anak.
  • Topi dan sunscreen khusus anak.
  • Botol minum, tempat makan, dan peralatan makan anak berbahan plastik.
  • Kursi makan anak portable.
  • Camilan kesukaan anak.
  • P3K khusus anak.
  • Car seat (untuk bepergian menggunakan mobil atau pesawat terbang).
  • Stroller.

2. Kemas perlengkapan anak dengan benar

Setelah menyiapkan barang-barang apa saja yang akan dibawa, selanjutnya Anda perlu mengemasnya dengan benar supaya aman dan mudik terasa nyaman. Berikut beberapa tips mengemas perlengkapan anak yang bisa Anda ikuti:

  • Mulai mengemas perlengkapan anak beberapa hari sebelum memulai perjalanan. Anda bisa membuat daftar bawaan secara detail dan letakkan barang-barang yang sangat diperlukan di tempat yang mudah untuk dijangkau.
  • Gunakan tas popok anti-air dan memiliki penutup yang sempurna untuk mengemas kebutuhan popok anak.
  • Guna mencegah kebocoran di dalam tas, masukkan obat-obatan dan perlengkapan mandi anak di dalam plastik yang tersegel atau plastik zip lock.
  • Bawa pakaian anak di dalam satu tas jinjing tersendiri.

3. Bawa travel cot

Apabila ada rencana untuk menginap di hotel atau rumah saudara, Anda bisa mempertimbangkan untuk membawa travel cot jikalau anak Anda susah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Dengan menyediakan travel cot, itu akan memudahkan anak untuk tidur sekaligus memastikan mereka tetap nyaman dan tidak merasa homesick saat jauh dari rumah.

4. Pilih moda transportasi yang sesuai

Setiap jenis transportasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Maka dari itu, Anda perlu mempertimbangkannya dengan baik sesuai jarak tempuh, efisiensi waktu, dan anggaran yang Anda miliki.

Jika Anda memutuskan untuk mudik menggunakan mobil, Anda harus memastikan posisi si kecil sudah benar-benar nyaman di car seat-nya. Kemudian, jauhkan si kecil dari makanan yang manis dan lengket, sebaiknya sediakan biskuit di dalam jangkauan anak. Terakhir, hindari rem mendadak karena bisa menstimulasi si kecil untuk menjadi tantrum akibat rasa panik dan tidak nyaman.

Apabila Anda ingin mudik bersama anak menggunakan pesawat, pastikan Anda membawa dan memasang car seat dengan benar di kursi pesawat sebelum si kecil menempatinya. Pastikan juga pakaian yang anak Anda gunakan berlapis dan nyaman karena udara di pesawat terkadang bisa berubah dari sangat panas menjadi sangat dingin.

Saat anak menunjukkan gejala tidak nyaman pada telinga tatkala pesawat take-off, segera berikan mereka minuman. Ingat-ingat untuk selalu memastikan bahwa anak tidak dehidrasi ketika di pesawat lantaran penerbangan rentan membuat si kecil mudah dehidrasi.

5. Pilih waktu keberangkatan sesuai jam tidur anak

Usahakan untuk memulai perjalanan sesuai waktu tidur si kecil. Ini dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan anak merasa bosan sekaligus memastikan mereka tetap dalam mood yang baik selama perjalanan.

Anda bisa memulai perjalanan pada malam hari yang mana waktu ini merupakan waktu alami bagi setiap individu termasuk anak-anak untuk mengistirahatkan diri dan tidur.

6. Jangan membiasakan anak bermain gadget selama perjalanan

Mainan menjadi salah satu barang penting yang tidak boleh ketinggalan saat mudik bersama anak yang masih kecil. Pasalnya, mainan dapat mengalihkan perhatian anak dari rasa bosan selama berada di dalam kendaraan sekaligus meningkatkan suasana hati mereka.

Sebaliknya, hindarilah untuk memberikan gadget terlalu sering kepada anak hanya demi menenangkan mereka dan menyingkirkan rasa bosannya dalam seketika. Hal ini dilakukan karena kebiasaan bermain gadget dapat menurunkan keinginan anak untuk berkumpul bersama keluarga lainnya di tempat mudik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru