7 Bahan yang cocok jadi cara mengatasi rambut bercabang

Kamis, 17 Juni 2021 | 12:09 WIB   Penulis: Belladina Biananda
7 Bahan yang cocok jadi cara mengatasi rambut bercabang

ILUSTRASI. Berbagai macam bahan alami bisa Anda gunakan sebagai cara mengatasi rambut bercabang. KONTAN/Carolus Agus Waluyo.

KONTAN.CO.ID - Rambut bercabang jadi salah satu masalah rambut yang dialami oleh banyak orang. Jika Anda salah satu orang yang mengalami masalah itu, ada banyak cara mengatasi rambut bercabang yang layak Anda coba.

Ada banyak faktor mengapa ujung rambut Anda bercabang. Mulai paparan polusi, debu, dan suhu panas berlebih, terlalu sering menggunakan alat penata rambut, hingga mencuci rambut dengan air panas. Tentu saja, Anda perlu menghindari faktor-faktor itu.

Karenanya, memanfaatkan bahan-bahan alami juga bisa Anda jadikan pilihan. Cobalah memakai bahan-bahan ini secara rutin. Dengan begitu, rambut bercabang dapat teratasi secara maksimal.

Madu

Mengutip dari NDTV Food, rambut bercabang bisa diatasi dengan madu. Bahan itu mengandung pelembab alami yang efektif mencegah kondisi kering di rambut dan kulit kepala.

Selain itu, madu juga dipenuhi dengan antibakteri sehingga kebersihan kulit kepala terjaga.

Baca Juga: Cari cara mengatasi rambut rontok? Pakai 5 bahan ini

Pepaya dan yogurt

Jika Anda mencari cara mengatasi rambut bercabang, tak ada salahnya untuk memanfaatkan pepaya. Asam folat yang terkandung dalam pepaya efektif meningkat aliran darah di kulit kepala.

Tak berhenti sampai di situ, pepaya juga mengandung vitamin A sehingga produksi minyak meningkat.

Untuk memaksimalkan efek pepaya, Anda perlu mencampurnya dengan yogurt. Setelah teraduk rata dan berbentuk pasta, aplikasikan kombinasi bahan alami itu pada rambut. Diamkan dulu selama 30 hingga 45 menit kemudian bilas dengan air.

Lidah buaya

Salah satu cara mengatasi rambut bercabang adalah dengan memakai lidah buaya.

Rambut bercabang juga bisa Anda atasi dengan lidah buaya, lo. Antimikroba, antiinflamasi, dan kandungan lain dalam lidah buaya efektif membersihkan sel kulit mati sehingga kulit kepala lebih sehat. Dengan begitu, pertumbuhan rambut pun menjadi lebih kuat.

Baca Juga: 4 Masker rambut terbaik dari bahan alami, mau coba?

Kuning telur, minyak zaitun, minyak almond, madu

Cara mengatasi rambut bercabang berikutnya yang direkomendasikan oleh NDTV Food adalah memakai kuning telur. Bahan alami itu mengandung banyakk protein yang mampu menjaga kekuatan rambut sehingga rambut bercabang dapat Anda cegah.

Tidak berhenti sampai di situ, menggunakan kuning telur juga efektif menjaga kelembaban rambut.

Caranya, campur satu kuning telur dengan 2 sdm minyak zaitun, 2 sdm minyak almond, dan 2 sdm madu. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada rambut selama 30-45 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Selanjutnya: 4 Rekomendasi vitamin rambut yang berasal dari bahan alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru