7 Cara Efektif Hilangkan Bulu Wajah, Mau Anda Coba?

Senin, 25 April 2022 | 15:45 WIB   Reporter: Ana Risma
7 Cara Efektif Hilangkan Bulu Wajah, Mau Anda Coba?


KECANTIKAN - Semua wanita tentu memiliki bulu pada area wajah. Yang membedakan adalah seberapa banyak dan halus bulu yang dimiliki.

Beberapa dari Anda mungkin mengalami pertumbuhan bulu wajah yang berlebihan, gelap, dan kasar. Adapun kondisi ini dikenal sebagai hirsutisme.

Hirsutisme dapat terjadi akibat tingginya kadar hormon pria atau androgen dalam tubuh. Pola pertumbuhan hirsutisme pada wanita memiliki keterkaitan dengan virilisasi atau suatu kondisi di mana wanita mengembangkan karakteristik yang terkait dengan hormon pria.

Untuk membantu menghilangkan bulu-bulu yang mengganggu pada wajah akibat hirsutisme, ada banyak cara yang bisa Anda coba. Melansir Skinkraft, berikut 7 di antaranya yang tergolong efektif.

1. Shaving

Shaving atau mencukur menjadi cara paling cepat dan praktis untuk membantu menghilangkan bulu pada wajah. Anda bisa memilih alat cukur sekali pakai atau alat cukur listrik untuk mengangkat dan memotong bulu wajah dengan lebih mudah. Supaya tidak meninggalkan luka atau bekas luka pada wajah, cukurlah bulu wajah searah dengan pertumbuhannya dan selalu gunakan pelembab setelah selesai bercukur.

Selalu ingat bahwa mencukur dengan pisau cukur tidak akan menghilangkan bulu wajah Anda secara permanen. Biasanya, bulu akan kembali tumbuh setelah beberapa hari.

2. Tweezing

Tweezing merupakan salah satu cara menghilangkan bulu wajah yang murah namun efektif. Dengan mengandalkan pinset, tweezing akan mencabut bulu wajah Anda hingga ke akar-akarnya.

Oleh sebab itu, tidak heran jika tweezing mampu memberikan hasil yang bertahan lebih lama daripada bercukur yakni sekitar 3-8 minggu.

3. Epilation

Epilation termasuk alternatif yang ideal untuk mencukur dan mencabut bulu wajah. Cara ini bahkan dapat membuat wajah Anda terbebas dari bulu selama maksimal 4 minggu.

Kendati cara kerjanya mirip dengan waxing, namun epilation tidak menggunakan lilin untuk mencabut bulu dari akarnya. Sebagai gantinya, epilation dilakukan menggunakan sebuah alat bernama epilator yang mampu mencabut bulu seketika saat Anda memindahkannya ke berbagai area wajah. Bagi beberapa wanita, epilation bahkan menghasilkan pertumbuhan bulu wajah yang lebih lembut dan halus setelahnya.

4. Waxing

Waxing adalah salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan bulu baik pada tubuh maupun wajah. Ada dua jenis metode waxing yang bisa Anda pilih yaitu waxing strip siap pakai dan waxing panas atau dingin.

Apapun jenisnya, pastikan untuk menggunakan lilin yang lembut dan khusus dibuat untuk bulu wajah ya. Apabila Anda memilih waxing panas, jangan lupa untuk menyediakan penghangat lilin (wax warmer) guna memanaskan lilin dengan benar sembari mengontrol suhunya.

Untuk mengoleskan lilin, selalu gunakan stik lilin yang segar. Jika Anda bersikeras menggunakan stik lilin yang sama lebih dari satu kali, itu dapat menyebabkan infeksi bakteri. Disarankan juga untuk tidak menggunakan lilin yang terlalu panas karena berisiko membakar kulit.

Editor: Ana Risma

Terbaru