7 Cara tidur cepat dalam 30 detik yang bisa dilakukan tanpa was-was

Jumat, 10 September 2021 | 15:00 WIB Sumber: Kompas.com
7 Cara tidur cepat dalam 30 detik yang bisa dilakukan tanpa was-was


KESEHATAN - JAKARTA.  Untuk memastikan tubuh tetap sehat dan bugar, manusia membutuhkan tidur yang berkualitas. Sayangnya, banyak orang belakangan ini mengalami masalah sulit tidur yang membuat waktu istirahatnya tidak tercukupi.  Akibatnya, tubuh menjadi lesu, tidak bertenaga, dan sulit berkonsentrasi.

Beberapa orang sudah berusaha berdiam di tempat tidur sesuai dengan jadwal seharusnya. Namun tetap saja mata sulit terpejam, sehingga akhirnya malah terjaga-jaga hingga berjam-jam. Konsumsi jenis obat tertentu memang menjadi cara tidur cepat yang paling instan.

Namun, kebiasaan ini tidak disarankan karena dapat mengakibatkan ketergantungan maupun efek samping lainnya. Banyak manusia modern mengalami masalah sulit tidur. Kemungkinan ini ada kaitannya dengan kebiasaan penggunaan gadget berlebihan atau kelelahan yang dialami.

Oleh sebab itu, kita perlu memahami benar cara terbaik agar bisa tidur lebih cepat. Meskipun waktu tidur yang dimiliki, kita bisa memaksimalkannya untuk memenuhi kebutuhan istirahat. Sebaiknya pilih metode yang lebih aman dan tentu saja bebas risiko.

Baca Juga: Ragam khasiat rempah khas Indonesia, bisa menurunkan kolesterol

Berikut ini adalah cara tidur cepat dalam 30 detik yang bisa dipraktikkan tanpa rasa was-was.

  • Mengatur waktu tidur

Tetap waktu tidur yang pasti setiap harinya agar tubuh dapat mengenalinya sebagai saatnya beristirahat. Mengatur waktu tidur juga membantu otak menyesuaikan kadar serotonin dan melatonin serta membantu menyeimbangkan ritme sirkadian.

  • Kurangi asupan kafein

Kurangi kafein menjelang waktu tidur seperti yang terkandung di teh, kopi dan cokelat. Jika ingin tidur lebih berkualitas, jangan mengonsumsi makanan atau minuman berkafein setelah pukul 15.00.

Baca Juga: Wedang asam jawa berkhasiat mengobati batuk

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru