7 Tips Menjaga Kesehatan Jantung Cegah Penyakit Kardiovaskular

Sabtu, 10 Februari 2024 | 16:34 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
7 Tips Menjaga Kesehatan Jantung Cegah Penyakit Kardiovaskular

ILUSTRASI. Upaya Menjaga Kesehatan Jantung untuk Cegah Penyakit Kardiovaskular


KESEHATAN - JAKARTA. Kenali cara menjaga kesehatan jantung sejak dini. Peran jantung tentu sangat penting untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh dengan baik.

Kesehatan jantung atau kardiovaskular mengacu pada kondisi jantung dan pembuluh darah yang optimal. Ini berkaitan peranan jantung yang menjalankan fungsinya dengan baik untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Jantung juga merupakan organ vital yang berperan dalam memastikan pasokan darah, nutrisi, dan oksigen ke seluruh bagian tubuh.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung sangat penting untuk kesejahteraan umum seseorang.

Baca Juga: Ini 6 Makanan untuk Masa Menopause yang Menyehatkan Tubuh

Cara menjaga kesehatan jantung

Kesehatan jantung

Beberapa komponen dan cara menjaga kesehatan jantung yang perlu diterapkan dilansir dari laman Health.

1. Pola Makan Sehat

Dengan konsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan, sayuran, sumber protein rendah lemak, biji-bijian utuh, dan mengurangi asupan gula, lemak jenuh, dan natrium, dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Pastikan Anda sudah menemukan menu makanan dengan gizi seimbang sebagai kunci jantung selalu sehat.

2. Aktivitas Fisik

Melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat memperkuat jantung dan pembuluh darah, serta membantu menjaga berat badan yang sehat. Olahraga aerobik seperti berjalan kaki, berlari, bersepeda, atau berenang sangat baik untuk kesehatan jantung.

Anda memerlukan olahraga dengan instensitas sedang hingga tinggi setidaknya 150 menit setiap minggu.

3. Hindari Merokok

Aktivitas merokok adalah salah satu faktor risiko utama penyakit jantung. Berhenti merokok atau tidak mulai merokok adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan jantung.

4. Pengelolaan Stres

Kondisi Stres yang berlebihan dapat berdampak negatif pada kesehatan jantung. Teknik-teknik pengelolaan stres seperti meditasi, yoga, atau relaksasi dapat membantu mengurangi stres.

Stres

5. Kontrol Kesehatan

Pastikan Anda selalu melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, termasuk pemeriksaan tekanan darah, kolesterol, dan gula darah, dapat membantu mendeteksi faktor risiko penyakit jantung lebih awal.

Apabila Anda didiagnosis menderita tekanan darah tinggi, penting untuk mengikuti rekomendasi penyedia layanan kesehatan. Penyedia layanan kesehatan Anda mungkin menyarankan untuk perubahan gaya hidup atau pengobatan.

6. Berat Badan yang Sehat

Setelah mengelola fisik dan kontrol kesehatan, Anda perlu mempertahankan berat badan yang sehat dan mengelola berat badan. Tentu ini merupakan pemantauan yang penting untuk mencegah obesitas.

Hal ini didasari karena obesitas bisa menjadi merupakan faktor risiko penyakit jantung di kemudian hari.

7. Tidur yang Cukup

Kurang tidur dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup setiap malam. Begadang mempengaruhi ritme tubuh yang dibagi menjadi waktu istirahat dan kerja yang tepat bagi organ.

Organ jantung memerlukan istirahat yang cukup sesuai dengan ritme sikardian yang memerlukan waktu tidur cukup sesuai umur.

Itulah sederet panduan cara menjaga kesehatan jantung sejak dini agar selalu terhindari dari penyakit terkait.

Selanjutnya: Pemerintah Siapkan Bansos 3,51 Juta Ton Beras dan 1,9 Ton Jagung pada Maret 2024

Menarik Dibaca: Suka Film Anyone But You? Tonton 6 Film Serupa Lainnya Ini Juga Ya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru