8 Makanan Sehat Untuk Mengatasi Perut Kembung secara Alami

Sabtu, 13 April 2024 | 04:00 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
8 Makanan Sehat Untuk Mengatasi Perut Kembung secara Alami

ILUSTRASI. Quinoa


KESEHATAN - JAKARTA. Simak daftar makanan sehat untuk mengatasi perut kembung. Pola makan yang buruk bisa membuat tubuh tidak dapat melakukan 

Perut kembung dapat menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Baik disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, kondisi medis tertentu, atau bahkan stres, mengatasi perut kembung merupakan langkah penting untuk meningkatkan kenyamanan dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Dalam upaya mengelola perut kembung, ada beragam strategi yang bisa diterapkan, mulai dari mengatur pola makan hingga mengadopsi gaya hidup sehat.

Dengan pemahaman yang baik tentang penyebab perut kembung dan langkah-langkah yang efektif untuk mengatasinya, kita dapat menciptakan lingkungan internal yang lebih seimbang dan nyaman bagi tubuh.

Baca Juga: Ini 3 Waktu yang Tepat untuk Minum Cuka Apel dan Manfaatnya

Penyebab perut kembung

Ilustrasi kesehatan perempuan sakit perut

Ada beberapa pemicu perut dapat menjadi kembung karena alasan gangguan pencernaan.

1. Gas dalam Saluran Pencernaan

Produksi gas alami dalam saluran pencernaan saat makan atau minum dapat mengakibatkan perut terasa kembung. Hal ini terjadi ketika bakteri dalam usus mencerna makanan yang menghasilkan gas sebagai produk sampingan.

2. Konsumsi Makanan yang Sulit Dicerna

Makan makanan yang sulit dicerna, seperti makanan berlemak atau berminyak, makanan pedas, makanan yang mengandung banyak gula, atau makanan yang mengandung serat tinggi bisa menyebabkan perut kembung.

3. Kebiasaan Makan yang Cepat

Konsumsi makanan terlalu cepat atau makan sambil bicara atau tertawa bisa menyebabkan udara tertelan bersama makanan, yang akhirnya dapat menghasilkan perut kembung.

4. Intoleransi Makanan

Seseorang yang memiliki intoleransi makanan tertentu, seperti laktosa atau gluten, mungkin mengalami perut kembung setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung zat-zat tersebut.

5. Kegagalan Sistem Pencernaan

Gangguan sistem pencernaan, seperti sindrom iritasi usus besar (irritable bowel syndrome/IBS) atau penyakit celiac, dapat menyebabkan perut kembung sebagai salah satu gejalanya.

6. Dehidrasi

Ketidakseimbangan elektrolit atau dehidrasi dapat menyebabkan retensi air dalam tubuh, yang pada gilirannya dapat menyebabkan perut terasa kembung.

7. Stress atau Kecemasan

Stres atau kecemasan dapat memengaruhi sistem pencernaan dan membuat seseorang lebih rentan terhadap gejala perut kembung.

Perut kembung biasanya tidak berbahaya dan dapat diatasi dengan mengubah pola makan, menghindari makanan yang memicu kembung, meningkatkan asupan cairan, dan mengurangi stres.

Baca Juga: Cara Membuat Teh Adas Campur Daun Kemangi untuk Mengobati Asam Lambung

Daftar makanan untuk meredakan perut kembung

Apabila perut kembung terjadi secara teratur atau disertai dengan gejala lain yang mengganggu, penting untuk berkonsultasi dengan profesional medis untuk diagnosis dan perawatan yang tepat.

Simak daftar makanan sehat untuk mengatasi perut kembung secara alami, dilansir dari Holland and Barrett.

1. Alpukat

Buah yang sangat kaya gizi ini mengandung jumlah vitamin C, vitamin K, dan folat yang signifikan. Selain itu, alpukat kaya akan kalium, mineral penting untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh dan kadar natrium, sehingga mengurangi retensi air.

2. Mentimun

Karena mentimun terdiri dari 95% air, mereka merupakan pilihan makanan yang sangat baik untuk mengurangi kembung. Hal ini karena mereka dapat mencegah retensi air dan mengurangi kembung yang disebabkan oleh dehidrasi.

3. Buah Beri

Berbagai jenis buah beri bukan hanya salah satu camilan tersehat yang dapat Anda tambahkan ke dalam diet Anda, tetapi juga efektif untuk mengurangi kembung.

Kandungan serat yang tinggi mendukung kesehatan usus dan mempromosikan tinja yang lebih lunak, yang dapat mencegah kembung perut.

4. Yoghurt

Yoghurt, makanan pokok dalam diet Barat untuk sarapan atau camilan, mengandung probiotik yang dapat berdampak positif pada kembung dan distensi abdominal.

5. Seledri

Seperti mentimun, seledri juga mengandung 95% air, menjadikannya pilihan makanan yang sangat baik untuk mengurangi kembung.

6. Pisang

Selain memberikan serat, pisang juga kaya akan kalium, yang memainkan peran penting dalam mengatur cairan tubuh dan kadar natrium, sehingga mempengaruhi kembung.

7. Asparagus

Asparagus adalah makanan lain yang dapat membantu mengurangi kembung. Kandungan serat dan inulin diketahui dapat mempromosikan kesehatan usus dan meningkatkan frekuensi gerakan usus, yang potensial mencegah kembung.

8. Quinoa

Apabila Anda mencari alternatif bebas gluten untuk biji-bijian yang menyebabkan kembung, pertimbangkanlah quinoa. Penuh dengan serat, protein, dan antioksidan, quinoa dapat membantu melawan kembung.

Itulah beberapa informasi terkait makanan sehat untuk mengatasi perut kembung secara alami.

Selanjutnya: Promo JSM Superindo Silverqueen Diskon 45%, Promo Hanya Hari Ini 13 April 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru