8 Tanda Pernikahan Anda Bahagia dan Sehat, Pasangan Baru Bisa Cek

Jumat, 16 Agustus 2024 | 15:35 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
8 Tanda Pernikahan Anda Bahagia dan Sehat, Pasangan Baru Bisa Cek

ILUSTRASI. 8 Tanda Pernikahan Anda Bahagia dan Sehat, Pasangan Baru Bisa Cek.


RUMAH TANGGA - Terdapat beberapa tanda yang menunjukkan pernikahan Anda sehat dan bahagia yang perlu diketahui pasangan suami istri. 

Semua pasangan tentu berharap bahtera rumah tangganya berjalan dengan baik dan bahagia. Perselisihan dan pertengkaran memang menjadi bumbu dalam kehidupan pernikahan. 

Namun perselisihan baiknya tidak menjadi penyebab hubungan pernikahan menjadi merenggang. Jika Anda dan pasangan bisa melewatinya, hubungan pernikahan bisa semakin kuat dan langgeng. 

Untuk mengetahui apakah pernikahan Anda sudah berjalan dengan baik dan bahagia, berikut ini tanda-tandanya yang dirangkum dari laman Siap Nikah

Baca Juga: Melahirkan Bisa Pakai BPJS Kesehatan, Ini Syarat Melahirkan dengan BPJS dan Caranya

  • Tidak mengontrol pasangan

Tanda pertama yang menunjukkan bahwa pernikahan Anda bahagia adalah tidak saling mengontrol. Artinya Anda dan pasangan memahami dan menghormati privasi masing-masing individu. 

Jika salah seseorang sangat mengontrol dan memaksakan pendapatnya kepada pasangan, hubungan tersebut masuk dalam kategori tidak sehat. 

Terkadang seseorang tidak sadar jika sedang dikontrol karena salah mengartikannya dengan perhatian. 

  • Mampu berdiskusi dengan kepala dingin

Jika Anda dan pasangan bisa berdiskusi tentang rencana masa depan dengan kepala dingin, berarti hubungan Anda baik dan sehat. 

Selain berdiskusi dengan baik, keterbukaan dengan ide dan pendapat satu sama lain juga menjadi pertanda pernikahan Anda terjalin dengan baik. 

Tidak jarang seseorang merasa tidak percaya dengan pasangannya atau sebaliknya. Imbasnya timbul rasa takut dan cemas saat berdiskusi atau memutuskan rencana masa depan. 

Dalam hubungan yang sehat, Anda dan pasangan justru bersemangat, alih-alih takut saat menyambut masa depan.

  • Tidak saling menyalahkan

Tanda pernikahan Anda dalam keadaan yang baik dan sehat adalah mampu bertanggung jawab atas tindakan dan kesalahan pribadi. 

Artinya, tidak ada tindakan saling menyalahkan dan mengkambinghitamkan salah satu pasangan saat menghadapi sebuah masalah. 

Pasangan suami istri hendaknya mampu bekerjasama dengan baik, saling menjaga, berpikir, dan bertindak bersama sebagai satu tim.

  • Bangga dengan pencapaian pasangan

Sebuah pernikahan terbentuk bukan untuk menyaingi satu sama lain. Jika seseorang merasa tidak senang dan iri dengan pencapaian pasangan, menandakan hubungan pernikahannya tidak sehat. 

Pernikahan yang sehat ditunjukkan dengan perasaan tulus dan bahagia, serta bangga terhadap pencapaian yang diraih pasangan. 

Baca Juga: Cek khasiat 5 rempah khas Indonesia ini, ada yang bisa turunkan kolesterol!

  • Mencari solusi bersama

Agar hubungan tetap terjalin dengan baik, komunikasi menjadi kunci utamanya. Tidak ada pernikahan yang luput dari pertengkaran, namun yang membuah hubungan pernikahan awet adalah bagaimana mencari solusi untuk menyelesaikan pertengkaran tersebut. 

Segera cari solusi atas pertengkaran tersebut setelah bertengkar dibandingkan membiarkannya berlarut-larut atau memberikan perlakukan diam selama berhari-hari. 

  • Tidak menjelekkan pasangan

Terkadang Anda mungkin menceritakan masalah-masalah rumah tangga kepada teman atau kerabat. Tidak jarang keluhan seperti keburukan dan kekurangan pasangan juga diceritakan saat sesi "curhat" dengan teman. 

Namun tindakan tersebut tidak akan menyelesaikan masalah. Cara terbaik agar pasangan bisa menyadari kesalahannya adalah membicarakannya langsung dengan pasangan.

  • Tidak mudah cemburu dan curiga

Memang terdengar romantis, namun seseorang yang mudah cemburu atau curiga berlebihan bisa membuat hubungan menjadi tidak sehat.

Kecemburuan yang berlebihan bisa berkembang menjadi obsesi. Hal ini bisa menyebabkan pasangan menjadi sangat mengekang dan selalu curiga. 

Tanda pernikahan yang bahagia adalah terjalinnya kepercayaan pada pasangan.

  • Menerima pasangan apa adanya

Beberapa orang mungkin mencoba mengubah pasangannya dengan alasan agar dia lebih baik. Namun tindakan ini bukan menjadi tanda hubungan yang sehat. 

Tanda pernikahan yang sehat adalah masing-masing pasangan menerima satu sama lain dan memiliki pemikiran yang dewasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru