Ada Nasi dan Pisang, Catat Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi

Rabu, 08 Februari 2023 | 16:17 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Ada Nasi dan Pisang, Catat Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi


KESEHATAN - Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh untuk menjalankan berbagai aktivitas. Itu sebabnya, banyak makanan yang mengandung karbohidrat dikategorikan sebagai pangan pokok.

Jenis makanan yang mengandung karbohidrat terutama berasal dari biji-bijian, kacang-kacangan, dan umbi. Secara umur, karbohidrat adalah bahan bakar energi yang berasal dari gula atau glukosa.

Fungsi karbohidrat yang begitu penting tersebut guna menunjang aktivitas, maka kecukupan makanan karbohidrat perlu jadi perhatian dalam menentukan pola makanan harian. Selain nasi, ternyata ada sejumlah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. 

Lantas, apa saja makanan yang mengandung karbohidrat tinggi? 

Baca Juga: Selain Tubuh Terasa Lemas, Ini Tanda Usus Kotor dan Cara Mengatasinya

10 Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi

Nah, berikut ini 10 makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dikutip Medical News Today:

1. Pisang

Makanan yang mengandung karbohidrat

Pisang adalah salah satu makanan yang mengandung karbohidrat yang lumayan tinggi. Buah ini dipakai sebagai makanan untuk program diet karena memberi asupan karbohidrat yang cukup untuk tubuh dan cepat dicerna oleh tubuh.

Tak heran, jika buah pisang seringkali jadi makanan pertama saat beristirahat bagi atlet seperti olahraga lari yang menghabiskan energi besar. Ini karena karbohidrat dari pisang dengan cepat mengganti sumber energi yang terkuras banyak.

Selain termasuk makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, buah pisang juga mengandung beragam vitamin dan mineral antara lain potasium, zat besi, vitamin B6, dan kaya serat.

Baca Juga: 5 Cara Turunkan Berat Badan dengan Cepat dalam 1 Minggu, Aman!

2. Jagung

Makanan yang mengandung karbohidrat

Jagung merupakan panganan pokok di banyak negara serta termasuk makanan yang mengandung karbohidrat. Karbohidrat jagung sangat tinggi. Dalam setiap 100 gram jagung mengandung 25 gram karbohidrat dan 3,36 protein.

Jagung sendiri sering digunakan sebagai pengganti nasi karena dianggap lebih sehat. Dalam sebuah penelitian, jagung bermanfaat untuk mereka yang memiliki kadar gula dan tekanan darah tinggi.

Cara paling mudah dan sehat mengonsumsi jagung adalah dengan merebusnya. Setiap 100 gram jagung memiliki kandungan 21 gram karbohidrat dan 3,4 gram protein.

Baca Juga: Catat! Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Usus

3. Oat

Makanan yang mengandung karbohidrat

Jika bosan dengan nasi, cobalah mengganti menu sarapan dengan oat. Oat adalah makanan yang mengandung karbohidrat cukup tinggi dan kaya serat sehingga baik untuk pencernaan di dalam tubuh.

Sebagai jenis makanan yang merupakan sumber karbohidrat, oat berasal dari gandung utuh. Ini membuatnya cocok untuk penderita jantung, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan obesitas.

Selain jadi makanan karbohidrat utama, oat juga mengandung vitamin B6, tiamin, folat, dan niasin. Oat juga merupakan sumber riboflavin yang berfungsi mengubah karbohidrat menjadi sel darah merah.

Baca Juga: Jangan Mudah Percaya! Kenali Mitos Makanan untuk Penderita Diabetes Ini

4. Ubi jalar

Makanan yang mengandung karbohidrat

Selanjutnya, ubi jalar adalah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Dalam satu buah ubi jalar berukuran sedang bisa mengandung sekitar 23,61 gram. Kandungan ini terbilang tinggi.

Bahkan untuk jenis ubi jalar ungu, memiliki kandungaan antioksidan tinggi yang berguna untuk mencegah kanker dan antitumor.

Penyajian ubi jalar juga sangat mudah, karena hanya perlu merebus atau membakarnya tanpa perlu menambah bumbu. Ubi ini bisa jadi salah satu makanan pengganti nasi yang lezat.

Baca Juga: 15 Cara Atasi Asam Lambung Tinggi Agar Tidak Tambah Parah, Tanpa Minum Obat

5. Kurma

Makanan yang mengandung karbohidrat

Di Indonesia, buah ini sering dikonsumsi saat bulan Ramadan. Kurma juga merupakan salah satu buah yang mengandung karbohidrat tinggi. Kandungan karbohidrat dalam kurma mencapai 17,99 hingga 36 gram untuk setiap 100 gramnya.

Tak hanya itu, kurma juga kaya akan fosfor, kalium, kalsium, dan vitamin A sehingga sangat baik untuk kesehatan. Kandungan mineral ini sangat baik untuk ibu hamil dan menyusui.

Kurma memiliki rasa manis yang berasal dari glukosa. Sementara glukosa adalah jenis karbohidrat paling sederhana, dan merupakan gula utama dalam darah serta bahan bakar dasar bagi tubuh.

Baca Juga: Bisa Mengontrol Gula Darah, Ini Manfaat Lain Buah Murbei untuk Kesehatan

6. Kacang merah

Makanan yang mengandung karbohidrat

Kacang merah adalah sumber makanan yang mengandung karbohidrat dari kacang-kacangan. Selain itu, kacang merah juga mengandung protein dan serat sangat tinggi.

Kacang merah merupakan jenis legum. Selain sebagai makanan yang mengandung karbohidrat, kacang merah mengandung kalium dan zat besi.

Dalam 100 gramnya, kacang merah mengandung sekitar 22 gram karbohidrat. Kandungan lemak dalam legum ini juga rendah, yakni sekitar 0,5 gram untuk setiap 100 gram kacang merah.

Baca Juga: Minum Kopi Krim Setiap Hari Baik atau Buruk untuk Kesehatan?

7. Mangga

Makanan yang mengandung karbohidrat

Mangga adalah deretan buah yang masuk sebagai makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Yang menarik, mangga juga kaya akan vitamin C dan vitamin A.

Dalam satu buah mangga ukuran sedang, bisa menyuplai 23 sampai 40 gram karbohidrat. Buah ini juga kaya serat sehingga sangat baik untuk memperbaiki saluran pencernaan.

Jika sedang mencoba untuk diet, jenis makanan yang merupakan sumber karbohidrat sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi sehari-hari.

Baca Juga: 12 Buah yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes

8. Apel 

Makanan yang mengandung karbohidrat

Masih dari kelompok buah-buahan, ternyata buah apel termasuk makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Di dalam satu buah apel yang ukurannya sedang, di dalamnya mengandung kurang lebih 25,15 gram karbohidrat. 

Apel juga akan menyimpan vitamin seperti vitamin A serta vitamin C yang baik bagi tubuh. Kandungan kalium serta seratnya menjadikan buah ini semakin banyak nutrisinya.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan, Punya Banyak Khasiat!

9. Kentang 

Makanan yang mengandung karbohidrat

Kentang juga dapat menjadi pilihan makanan yang mengandung karbohidrat selain nasi. Karbohidrat di dalam kentang adalah sekitar 66 sampai 90%. Umbi yang satu ini juga cukup mengenyangkan. 

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Stroberi Untuk Kesehatan yang Telah Teruji, Catat!

10. Kismis

Makanan yang mengandung karbohidrat

Makanan yang mengandung karbohidrat selanjutnya adalah kismis. Makanan dari buah anggur kering ini kemudian mengandung karbohidrat sekitar 129,48 gram dalam satu cangkir. 

Selain itu, kismis juga menyimpan kalium, fosfor, kalsium, serta menjadi sumber antioksidan yang baik bagi tubuh.

Demikian penjelasan mengenai sejumlah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi selain nasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru