Agar Tidak Bau, Ini Cara Membersihkan Botol Air Minum

Rabu, 15 Maret 2023 | 14:49 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Agar Tidak Bau, Ini Cara Membersihkan Botol Air Minum

ILUSTRASI. Botol air minum


TIPS & TRIK - JAKARTA. Botol air harus dicuci secara rutin agar tidak bau dan menumbuhkan jamur. Ini cara mudah membersihkan botol air minum. 

Botol minum yang Anda bawa setiap hari ke kantor atau tempat olahraga sebaiknya dicuci sesering waktu mencuci gelas minum. 

Baca Juga: Mencegah Bau dan Jamuran! Ini 4 Cara Mudah Membersihkan Mesin Cuci

Mengutip dari situs resmi Departemen Kesehatan Pemerintah Tasmania, botol minum yang tidak rutin dicuci akan menimbulkan bau dan menumbuhkan jamur. 

Mencuci botol bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan sabun cuci biasa atau bahan kimia tertentu jika ada kotoran yang lebih tebal di dalamnya. 

Berikut cara membersihkan botol minum: 

  • Keluarkan air yang tidak terpakai di penghujung hari 
  • Cuci botol air dengan air sabun hangat setiap hari 
  • Jika botol air membutuhkan pembersihkan yang lebih intens gunakan soda kue atau cuka. Anda sebaiknya menghindari menggunakan pemutih karena tidak aman dikonsumsi dan meninggalkan bau. 
  • Jika botol memiliki bintik-bintik jamur hitam yang terlihat, cuci dan gosok dengan sikat atau spon untuk menghilangkannya.

Mencuci botol air dengan soda kue 

Soda kue, bahan kimia yang direkomendasikan untuk membersihkan botol air yang memiliki noda atau kotoran membandel. 

Untuk botol minum ukuran besar, Anda cukup masukkan dua sampai empat sendok teh soda kue dan tambahkan air hangat, lalu biarkan semalaman. 

Anda bisa membilas botol air keesokan paginya. Jangan lupa Anda keringkan botol air dan tutupnya di tempat yang kering. Selamat mencoba.

Baca Juga: 4 Tips Membersihkan Rumah pasca Mudik Lebaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru