Apa Itu Introvert? Ini Sejarah Hari Introvert Sedunia yang Dirayakan 2 Januari

Selasa, 02 Januari 2024 | 09:40 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Apa Itu Introvert? Ini Sejarah Hari Introvert Sedunia yang Dirayakan 2 Januari

ILUSTRASI. Hari Introvert Sedunia 2 Januari 2024.


PSIKOLOGI - Tanggal 2 Januari memperingati Hari Introvert Sedunia 2024. Hari Introvert Sedunia jatuh pada 2 Januari sebagai momen bagi para introvert untuk kembali mendapatkan kedamaian dan ketenangan. 

Mereka perlu mengisi ulang baterai sosial mereka setelah momen perayaan Natal dan Tahun Baru yang mengharuskan mereka berkumpul dengan banyak orang. 

Hari Introvert Sedunia merupakan hari untuk lebih memahami banyak introvert di seluruh dunia. Hal ini juga merupakan hari yang tepat bagi para introvert dengan membiarkan mereka sendirian dan memberi mereka ruang yang mereka butuhkan.

Lantas, seperti apa sejarah Hari Introvert Sedunia? 

Baca Juga: Kumpulan Ucapan dan Twibbon Hari Introvert Sedunia 2 Januari 2024, Yuk Ramaikan!

Sejarah Hari Introvert Sedunia 


Apa Itu Introvert

Introvert lebih menyukai lingkungan yang tenang dan minim keterlibatan sosial. Menghabiskan waktu dengan diri sendiri menjadi salah satu hal yang membahagiakan bagi para introvert. 

Sejarah Hari Introvert Sedunia dihidupkan oleh psikolog terkenal Jerman dan penulis e-book gratis “Happily Introverted Ever After,” yakni Felicitas Heyne.

Pada tanggal 20 September 2011, Heyne menulis postingan di blog berjudul “Inilah Mengapa Kita Membutuhkan Hari Introvert Sedunia” di situsnya iPersonic.

Baca Juga: Apa itu Manga, Manhwa, dan Manhua? Kenali Sejarah dan Perbedaannya

Dikutip dari laman National Today, artikel inilah yang mengawali hari Introvert Sedunia yang pertama. Dalam tulisannya, ia mengatakan bahwa sudah saatnya masyarakat dunia lebih memahami mengenai introvert. 

Dia menyoroti beberapa diskriminasi yang dihadapi para introvert karena sikap mereka yang tertutup. Selain itu, dia juga menyesaki rendahnya apresiasi masyarakat terhadap introvert oleh masyarakat umum. 

Heyne mengusulkan agar Hari Introvert Sedunia dirayakan pada 2 Januari. Tanggal tersebut dipilih karena para introvert di seluruh dunia perlu ketenangan dan kedamaian setelah aktivitas sosial yang melelahkan di momen Natal dan Tahun Baru. 

Baca Juga: Tsunami Kecil Melanda Korea Selatan Pasca Gempa Jepang

Apa itu introvert? 

Introvert adalah orang yang lebih senang menghabiskan waktu sendirian atau bersama satu dan dua orang teman terdekat mereka dibandingkan berada dalam keramaian.

Introvert juga seringkali disamakan dengan pemalu. Padahal introvert sering membutuhkan waktu menyendiri untuk memulihkan energi setelah berada dalam keramaian atau lingkungan sosial. 

Psikiater Swiss Carl Gustav Jung adalah salah satu orang pertama yang mendefinisikan introvert sebagai sebuah konsep dalam konteks psikologis. 

Baca Juga: Amerika Serikat Menarik Kapal Induk USS Gerald R. Ford dari Timur Tengah

Dalam bukunya yang terbit pada 1921, “Psychological Types,” dia berteori bahwa setiap manusia terbagi dalam dua kategori yakni introvert atau ekstrovert. 

Dia juga mengklaim bahwa introvert fokus pada refleksi, mimpi, dan visi, yang bisa membuat mereka tidak tertarik untuk mengikuti aktivitas orang lain. Sejak itu, semakin banyak psikolog yang mengembangkan teori yang lebih luas tentang  introvert. 

Demikian penjelasan mengenai sejarah Hari Introvert Sedunia dan apa itu introvert. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru