CLOSE [X]

Tema Hari Anak Nasional 2023, Logo, dan Sejarah Hari Anak Nasional 23 Juli

Kamis, 20 Juli 2023 | 16:07 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Tema Hari Anak Nasional 2023, Logo, dan Sejarah Hari Anak Nasional 23 Juli

ILUSTRASI. Tema Hari Anak Nasional 2023 dan logo Hari Anak Nasional 2023 bisa disimak di sini untuk turut merayakan momen tersebut.


Hari Anak Nasional 2023 - Hari Anak Nasional 2023 diperingati setiap tanggal 23 Juli. Untuk itu, tema Hari Anak Nasional 2023 dan logo Hari Anak Nasional 2023 bisa disimak di sini untuk turut merayakan momen tersebut. 

Sejarah Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 pada tanggal 19 Juli 1984. 

Peringatan Hari Anak Nasional dimaksudkan agar negara, pemerintah, masyarakat, keluarga dan orang tua bersama-sama mewujudkan kesejahteraan anak dengan menghormati hak-hak anak dan memberikan jaminan terhadap pemenuhannya tanpa perlakuan diskriminatif.

Lantas, seperti apa sejarah Hari Anak Nasional? 

Baca Juga: Peringati Hari Anak Nasional, SoKlin Lantai Edukasi BeraniMaindiLantai

Sejarah Hari Anak Nasional 

Sejarah Hari Anak Nasional dimulai sejak era Presiden Soekarno. Presiden Soekarno yang awalnya mencetuskan Hari Kanak-Kanak Indonesia, namun prosesnya yang lama membuat penetapan peringatan Hari Anak Nasional baru dilakukan di masa pemerintahan Presiden Soeharto. 

Dirangkum dari buku "Pedoman Hari Anak Nasional Tahun 2023", pada 23 Juli 1979, pemerintah mengesahkan Undang-Undang tentang Kesejahteraan Anak. 

Sejak itu, pemerintah terus berupaya meningkatkan kesejahteraan anak dan mendorong kepedulian semua pihak dengan menyelenggarakan peringatan Hari Anak Nasional. 

Dengan dasar itu, pemerintah pun menetapkan Keputusan Presiden (Keppres) No. 44/1984 bahwa Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli. Tanggal tersebut dipilih berdasarkan tanggal pengesahan UU tentang Kesejahteraan Anak.

Peringatan Hari Anak Nasional pun dilakukan dari tingkat pusat hingga daerah untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara yang ramah anak. 

Baca Juga: Sejarah Lee Kuan Yew, Pendiri Singapura yang Jadi Negara Termakmur di Asia Tenggara

Tema Hari Anak Indonesia 2023 

Sementara itu, tema Hari Anak Indonesia 2023 adalah"Anak Terlindungi, Indonesia Maju". 

Subtema Hari Anak Indonesia 2023: 

  • Cerdas Bermedia Sosial Menuju Generasi Emas 
  • Mewujudkan Indonesia Layak Anak pada tahun 2030 dan Indonesia Menuju Generasi Emas pada tahun 2045 tanpa perkawinan dan kekerasan terhadap anak. 
  • Dare to Lead and Speak Up: Anak Pelopor dan Pelapor 
  • Membangun kepedulian dan kesadaran anak Indonesia agar berani memperjuangkan/menyuarakan hak-haknya. 
  • Pengasuhan Layak untuk Anak Indonesia 
  • Mewujudkan pola asuh yang layak pada tumbuh kembang anak dan untuk mengupayakan pencegahan anak-anak Indonesia menjadi korban kekerasan serta diskriminasi. 
  • Wujudkan Lingkungan yang Aman untuk Anak 
  • Membangun kepedulian dan kesadaran orang tua, pengasuh, guru, masyarakat, dunia usaha, dan pemerintah dalam upaya memenuhi hak dan mewujudkan perlindungan anak. 
  • Stop Kekerasan, Perkawinan Anak, dan Pekerja Anak
  • Mendukung semua keluarga kuat dan memastikan anak-anak tidak menjadi korban kekerasan, perkawinan anak, dan pekerja anak. 

Tagline Hari Anak Nasional 2023 adalah #BeraniKarenaPeduli: Anak menjadi agen perubahan dalam menyuarakan hak-haknya

Baca Juga: Download Logo Hari Anak Nasional 2023 Resmi untuk Persiapan Peringatan 23 Juli

Logo Hari Anak Nasional 2023 

Berikut adalah logo Hari Anak Nasional 2023

Logo Hari Anak Nasional 2023

Sementara untuk link download Hari Anak Nasional 2023 adalah sebagai berikut: 

Filosofi logo Hari Anak Nasional 2023: 

  • 3 Anak yang memegang bendera merah putih 

Setiap anak termasuk anak disabilitas memiliki impian (cita-cita) yang dapat diraih dengan doa, semangat, dan dukungan keluarga. Anak sebagai generasi penerus bangsa, perlu didukung dan dilindungi agar tumbuh sebagai manusia dewasa yang berjiwa Pancasila di bawah naungan sangsaka merah putih. 

Baca Juga: Inilah Kalender Pendidikan di Jakarta Tahun 2023/2024 Jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK

  • Warna merah dan putih 

Menjadi kebersamaan dan nasionalisme anak-anak Indonesia untuk tetap kreatif dan bersemangat tetap saling mendukung dalam melewati masa sulit. 

  • Garis berwarna abu-abu 

Situasi endemi Covid-19 yang berdampak pada dunia anak dengan perubahan pola hidup, tetap harus diupayakan terpenuhi hak anak, bergembira dan penuh kreativitas dalam perlindungan keluarga. 

Demikian ulasan mengenai sejarah Hari Anak Nasional, tema Hari Anak Nasional 2023, logo Hari Anak Nasional 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru