Apa Itu Malaria? Ini Sejarah Hari Malaria Sedunia yang Diperingati 25 April 2024

Kamis, 25 April 2024 | 09:52 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Apa Itu Malaria? Ini Sejarah Hari Malaria Sedunia yang Diperingati 25 April 2024

ILUSTRASI. Hari Malaria Sedunia 2024.


KESEHATAN - Hari Malaria Sedunia 2024 diperingati pada Kamis, 25 April 2024. Tema Hari Malaria Sedunia 2024 adalah "Mempercepat Perjuangan Melawan Malaria untuk Dunia yang Lebih Adil". 

Peringatan Hari Malaria Sedunia bertujuan untuk menyoroti perlunya komitmen politik dan investasi berkelanjutan untuk pengendalian dan eliminasi malaria.

Pasalnya, meski ada banyak negara yang telah mencapai kemajuan dalam memperluas akses terhadap penanganan malaria, namun masih banyak orang yang berisiko tinggi terkena malaria tidak memiliki akses terhadap layanan pencegahan, deteksi, dan pengobatan malaria yang berkualitas, tepat waktu, dan terjangkau meskipun mereka berhak atas layanan tersebut. 

Lantas, seperti apa sejarah Hari Malaria Sedunia?

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Hari Malaria Sedunia 2024, Yuk Cegah dan Bagikan di Medsos  

Apa itu malaria? 


Hari Malaria Sedunia 2024

Malaria adalah penyakit menular yang disebabkan oleh parasit (plasmodium) yang ditularkan oleh nyamuk malaria (Anopheles). 

Dirangkum dari laman RSUD Kabupaten Kulon Progo, parasit nyamuk malaria disebarkan melalui gigitan nyamuk Anopheles dan terutama berkembang di negara tropis. Malaria dapat dicegah dan disembuhkan dengan penanganan yang tepat. 

Gejala awal malaria yang paling umum adalah demam, sakit kepala, dan menggigil. Gejala biasanya muncul dalam waktu 10-15 hari setelah digigit nyamuk yang terinfeksi. 

Baca Juga: 20 Ucapan Hari Malaria Sedunia 2024, Yuk Jadikan Status dan Caption di Medsos

Sejarah Hari Malaria Sedunia

Malaria adalah penyakit yang mengancam jiwa yang disebabkan oleh parasit yang ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi. 

Sekitar setengah populasi dunia berisiko terkena malaria, terutama di negara-negara berpenghasilan rendah. 

Penyakit ini menginfeksi lebih dari 500 juta orang setiap tahun dan membunuh lebih dari satu juta orang, menurut WHO. Namun, Malaria dapat dicegah dan disembuhkan.

Sejarah Hari Malaria Sedunia yakni ketika PBB menetapkan Hari Malaria Sedunia pada Mei 2007. Tujuan penetapan Hari Malaria Sedunia adalah memberikan kesempatan kepada negara-negara di kawasan yang terkena dampak untuk belajar dari pengalaman satu sama lain dan mendukung upaya satu sama lain. 

Baca Juga: 10 Penyebab Utama GERD dan Daftar Makanan untuk Mengatasinya

Dikutip dari laman WHO, Hari Malaria Sedunia juga memungkinkan para donor baru untuk bergabung dalam kemitraan global melawan malaria. 

Serta bagi lembaga penelitian dan akademis untuk mengungkapkan kemajuan ilmiah kepada publik. 

Hari Malaria Sedunia 2024 juga memberikan kesempatan kepada mitra, perusahaan, dan yayasan internasional untuk menunjukkan upaya mereka dan merenungkan bagaimana meningkatkan apa yang telah berhasil.

Demikian penjelasan mengenai apa itu malaria dan sejarah Hari Malaria Sedunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru