Awas penyakit dari tikus, ini cara mudah mengusir tikus dari rumah tanpa membunuhnya

Jumat, 11 Juni 2021 | 11:32 WIB Sumber: Kompas.com
Awas penyakit dari tikus, ini cara mudah mengusir tikus dari rumah tanpa membunuhnya

ILUSTRASI. memelihara kucing, salah satu cara mudah mengusir tikus dari rumah tanpa perlu membunuhnya

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kenali cara mengusir atau membasmi tikus dari rumah. Pasalnya, tikus bisa membawa penyakit serius ke dalam rumah.

Agar tikus tidak merasa nyaman dan berkembang biak di dalam rumah, ada baiknya mengetahui cara mengusir tikus di rumah. Jadi, kita bisa beristirahat dengan tenang dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Sering kali orang mengusir tikus dengan cara salah, yakni menggunakan obat. Penggunaan obat untuk membasmi tikus menyebabkan bangkai di lokasi tertentu.

Namun, sebelum mencari tahu cara mengusir tikus di rumah, mari pahami dulu tanda keberadaan “tamu tak diundang” ini. Apa saja?

  • Ada remahan di sekitar makanan, terutama di tempat pembuangan sampah
  • Terdengar suara berisik dari tempat gelap, seperti kamar kosong atau loteng “Sarang” berupa tumpukan barang di tempat tersembunyi
  • Bercak hitam seperti jejak kaki yang menempel di dinding
  • Terdapat kabel atau kayu yang telah di gerogoti

Perlu diketahui, tikus mulai aktif saat malam hari, apalagi ketika sepi. Hewan pengerat ini jarang keluar dari tempat persembunyiannya ketika masih ada matahari.

Baca juga: Lavender hingga sereh, ini 6 bahan alami pengusir nyamuk

Cara mengusir tikus di rumah

Tikus bisa bersembunyi di tempat-tempat sempit, karena ukurannya yang mungil. Pastikan setiap lobang kecil yang ada di dinding segera ditutup.

Sebab, mengetahui “tempat bermain” tikus, bisa menjadi kunci dari mengusirnya dari rumah. Beberapa cara mengusir tikus di rumah ini bisa Anda ikuti.

1. Memelihara kucing

Cara mengusir tikus yang pertama adalah dengan memelihara kucing. Jika tidak ada anggota keluarga yang memiliki alergi terhadap kucing, Anda bisa memelihara hewan lucu ini, untuk mengusir atau sekadar menakut-nakuti tikus. Akan tetapi, jika Anda tidak bisa memelihara kucing, meletakkan tempat pembuangan kotoran kucing di sekitar tempat persembunyian tikus, bisa menjadi pencegah timbulnya tikus.

Simak cara mengusir tikus di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto
Terbaru