Bahan rumahan ini bisa jadi obat sakit pinggang

Rabu, 24 Februari 2021 | 18:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bahan rumahan ini bisa jadi obat sakit pinggang


KESEHATAN - JAKARTA. Ada banyak obat untuk menyembuhkan sakit pinggang. Selain obat dari apotek, bahan-bahan yang ada di dalam rumah juga bisa berkhasiat untuk sembuhkan sakit pinggang.

Tak hanya menimbulkan nyeri, sakit pinggang pun dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Gerakan tubuh menjadi terbatas dan seiring berjalannya waktu, kondisi itu bisa mengganggu kesehatan bagian tubuh yang lain. Untuk menghindari itu, ada banyak obat sakit pinggang yang bisa Anda coba.

Pertama, Anda bisa minum obat yang dijual di apotek. Kedua, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda yang mudah ditemukan. Ketiga, Anda bisa mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.

Perlu diingat bahwa obat yang direkomendasikan dalam artikel ini bisa Anda pakai untuk mengatasi sakit pinggang ringan. Jika nyeri yang Anda rasakan terus berlanjut dalam jangka waktu lama, segera periksakan diri ke dokter agar Anda bisa mendapat perawatan yang tepat.

Kunyit dan Susu

Spine Health (spine-health.com), kunyit mengandung banyak antioksidan dan antiinflamasi sehingga cocok mengatasi sakit pinggang. Caranya, campur ½ sdt bubuk kunyit dalam segelas susu hangat. Anda bisa menambah sedikit madu pada obat sakit pinggang itu supaya terasa lebih lezat.

Usahakan untuk mengonsumsi susu kunyit itu di malam hari sebelum tidur. Tujuannya agar antiinflamasi dan kandungan penting lainnya dapat bekerja secara optimal. Sebagai alternatif, Anda bisa mengganti susu sapi dengan susu yang terbuat dari bahan lain, seperti kedelai atau kacang almond.

Baca Juga: 4 Penyebab sakit pinggang sebelah kiri karena organ bermasalah

Jahe dan Teh Hijau

Salah satu obat sakit pinggang bisa terbuat dari kombinasi jahe dan teh hijau.

Selain kunyit dan susu, Anda bisa mencoba kombinasi jahe dan teh hijau agar rasa sakit di pinggang bisa hilang. Antiinflamasi dari bahan alami tersebut dapat masuk ke aliran darah sehingga berguna mengatasi inflamasi di seluruh bagian tubuh.

Yoga

Spine Health menyebutkan bahwa yoga adalah salah satu cara efektif untuk mengatasi sakit pinggang. Gerakan yoga dapat meningkatkan distribusi nutrisi yang dibutuhkan tulang dan sendi melalui aliran darah serta meningkatkan fleksibilitas tubuh.

Baca Juga: 4 Faktor ini jadi penyebab sakit perut bagian bawah

Tidur Berkualitas

Tak hanya obat sakit pinggang yang telah disebutkan, rasa nyeri pun dapat berkurang jika Anda memiliki waktu tidur yang berkualitas. Jika Anda kesulitan untuk mendapat waktu tidur berkualitas, cobalah untuk mengonsumsi beberapa sumber makanan yang mengandung vitamin C dan vitamin B6.

Jenis vitamin tersebut berperan sebagai steroid alami yang mampu mengontrol metabolisme dalam tubuh dan memperbaiki kualitas tidur. Selain mendapatkannya dari makanan, Anda dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C dan vitamin B6 dari suplemen.

Selanjutnya: 5 Rekomendasi obat sembelit dari bahan-bahan alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru