Bantu tingkatkan imun tubuh, ini tips aman berolahraga kala puasa Ramadhan

Selasa, 20 April 2021 | 15:54 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Bantu tingkatkan imun tubuh, ini tips aman berolahraga kala puasa Ramadhan

ILUSTRASI. Bantu tingkatkan imun tubuh, ini tips aman berolahraga kala puasa Ramadhan. KONTAN/Muradi/21/02/28

KONTAN.CO.ID -  Saat menjalankan puasa banyak masyarakat yang menghindari kegiatan seperti olahraga. Tidak sedikit yang menghindari kegiatan ini karena takut menjadi lelah dan membatalkan puasa. 

Bersumber dari laman Universitas Airlangga (Unair), berolahraga selama menjalani puasa justru membantu meningkatkan imun tubuh. 

Menurut Bambang Purwanto, dosen Fakultas Kedokteran Unair, kunci meningkatkan imunitas tubuh selama puasa adalah pengaturan keseimbangan energi dan aktivitas. 

Menjalankan puasa dan salat tarawih sebagai aktivitas fisik saja kalau rutin dilakukan 30 hari, imunitas pasti naik,” terang Bambang. 

Berolahraga secara rutin membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Aktivitas fisik yang teratur bisa mengembalikan keseimbangan metabolisme tubuh. 

Selain itu, olahraga bisa menguatkan jantung, menjaga stabilitas tekanan darah, hingga kesehatan reproduksi. 

Baca Juga: 10 Sekolah kedinasan yang sepi peminat, peluang diterima terbuka lebar

Tips aman berolahraga saat puasa

Menurut Bambang, persiapan seperti asupan makanan dan jenis olahraga perlu diperhatikan jika akan berolahraga saat puasa. Persiapan ini penting diperhatikan agar tubuh tetap bugar dan imun terjaga.

1. Asupan makanan dan nutrisi

Seperti yang dilansir dari laman Unair, asupan nutrisi dan aktivitas fisik harus seimbang. Tambah jumlah makan Anda jika memang akan berolahraga keesokan hari.

Jika energi yang dikeluarkan lebih besar dari asupan makanan, imun tubuh malah akan menurun. 

Saat imunitas menurun maka tubuh akan mudah terinfeksi penyakit. Anda menjadi mudah terserang infeksi bakteri, virus, atau jamur saat imun turun.

2. Jenis olahraga

Selama puasa, hindari kegiatan fisik yang menguras banyak energi. Pilih olahraga yang ringan dan sedang saja. 

Perhatikan juga durasi saat berolahraga. Kurangi durasi kegiatan tersebut jika dirasa terlalu berat dilakukan saat puasa. 

Perlu diingat jika kegiatan seperti mengepel lantai atau mencuci tidak masuk kategori olahraga. Olahraga adalah kegiatan yang terstruktur yang memiliki ukuran, tujuan, dan standar yang jelas.

Selanjutnya: Simak daftar 10 sekolah kedinasan 2021 dengan pendaftar terbanyak, STIS terfavorit

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru