Bisa Kontrol Gula Darah, Ini Manfaat Jus Wortel untuk Tubuh

Sabtu, 11 Maret 2023 | 15:05 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Bisa Kontrol Gula Darah, Ini Manfaat Jus Wortel untuk Tubuh

KESEHATAN - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Salah satunya dengan menjaga asupan makanan seperti rutin mengonsumsi jus wortel. Tubuh bisa mendapatkan sejumlah manfaat jus wortel untuk kesehatan karena kandungan nutrisinya. 

Wortel mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A untuk tubuh bagus untuk menjaga kesehatan mata dan penglihatan. 

Selain itu, wortel juga mengandung potasium dan vitamin C. Sehingga, manfaat jus wortel diyakini dapat meningkatkan kekebalan tubuh, kesehatan mata, dan kulit. 

Lantas, apa saja manfaat jus wortel untuk kesehatan?

Baca Juga: 4 Buah Segar Ini Bisa Membantu Menaikkan Berat Badan

Kandungan jus wortel

manfaat jus wortel diyakini dapat meningkatkan kekebalan tubuh, kesehatan mata, dan kulit.

Dirangkum dari laman Healthline, berikut adalah beberapa kandungan nutrisi dalam satu gelas jus wortel (236 gram):

  • Kalori: 94
  • Protein: 2 gram
  • Lemak: kurang dari 1 gram
  • Karbohidrat: 22 gram
  • Gula: 9 gram
  • Serat: 2 gram
  • Vitamin A (sebagai provitamin A): 251% dari Nilai Harian (DV)
  • Vitamin C: 22% dari DV
  • Vitamin K: 31% dari DV
  • Kalium: 15% dari DV

Baca Juga: 8 Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Jus wortel juga mengandung pigmen karotenoid lutein dan zeaxanthin, yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh Anda. Antioksidan melawan molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas. 

Selain itu, karotenoid utama dalam jus wortel adalah beta karoten, yang bertanggung jawab atas warna oranye wortel. Zat itu bisa diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. 

Baca Juga: 6 Vitamin Ini Bisa Bikin Nyeri Asam Lambung Reda, Catat Ya!

Manfaat jus wortel untuk kesehatan

Manfaat jus wortel dalam jumlah yang tidak berlebihan dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Sementara itu, beberapa manfaat jus wortel untuk kesehatan antara lain:

1. Dapat meningkatkan kesehatan mata

Manfaat jus wortel yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan mata. Jus wortel mengandung vitamin A yang sebagian besar dalam bentuk karotenoid provitamin A seperti beta karoten. 

Baca Juga: 7 Jus Penambah Darah yang Bisa Dikonsumsi Penderita Anemia

Vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata. Beberapa penelitian mengaitkan asupan buah dan sayur yang mengandung provitamin A dengan penurunan risiko kebutaan dan penyakit mata terkait usia. 

Selain itu, jus wortel adalah sumber lutein dan zeaxanthin yang dapat melindungi mata dari cahaya yang merusak. Asupan makanan yang mengandung lutein dan zeaxanthin tinggi dapat menurunkan risiko masalah mata, seperti degenerasi makula terkait usia (AMD).

Baca Juga: Ingin Berat Badan Turun? 5 Jus Buah dan Sayuran Ini Bisa Rontokkan Lemak Tubuh

2. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Selanjutnya, manfaat jus wortel juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin A dan C yang ditemukan dalam jus wortel berfungsi sebagai antioksidan dan melindungi sel kekebalan dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Selain itu, manfaat jus wortel merupakan sumber vitamin B6. Vitamin B6 diperlukan untuk mengoptimalkan kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan kekebalan tubuh melemah. 

Dalam sebuah studi pada hewan pengerat menemukan bahwa asupan makanan vitamin B6 yang tidak memadai menghambat pertumbuhan sel kekebalan yang disebut limfosit. 

Baca Juga: 17 Kebiasaan yang Bisa Bikin Wajah Awet Muda, Lakukan Setiap Hari

3. Dapat memberikan efek antikanker

Manfaat jus wortel juga bisa memberikan efek antikanker. Studi menunjukkan bahwa senyawa tertentu dalam jus wortel dapat melindungi tubuh dari kanker.

Secara khusus, poliasetilen, beta karoten, dan lutein dari ekstrak jus wortel mungkin efektif melawan sel kanker manusia. 

Studi lain juga menemukan bahwa mengobati leukemia dan sel kanker usus besar dengan beta karoten menyebabkan kematian sel kanker dan menghentikan siklus pertumbuhan sel kanker tersebut. Meski demikian, jus wortel tidak boleh dianggap sebagai pengobatan kanker.

Baca Juga: 2 Alasan Jus Wortel Efektif Menurunkan Berat Badan

4. Dapat mengontrol gula darah

Manfaat jus wortel dalam jumlah yang tidak berlebihan dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Secara khusus, penelitian pada tikus dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa jus wortel yang difermentasi menurunkan gula darah. 

Hal itu lantaran jus wortel yang difermentasi mengandung probiotik, yaitu bakteri yang memengaruhi usus terkait dengan diabetes. 

Namun, penting untuk menjaga ukuran porsi jus wortel yang dikonsumsi lantaran terlalu banyak dapat meningkatkan kadar gula darah. 

Baca Juga: 8 Manfaat Bayam untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Manfaat jus wortel juga bisa memberikan efek antikanker.

5. Dapat meningkatkan kesehatan kulit

Salah satu manfaat jus wortel yakni bermanfaat untuk kesehatan kulit. Satu gelas jus wortel sebanyak 236 gram jus wortel menyediakan lebih dari 20% kebutuhan harian yang direkomendasikan untuk vitamin C. 

Sementara vitamin C diperlukan untuk produksi kolagen. Selain itu, vitamin C berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas (18).

Beta karoten dalam jus wortel juga dapat melindungi kulit dari kerusakan ultraviolet (UV) dan memperbaiki penampilan kulit. 

Baca Juga: Catat, Ini Beragam Makanan Pantangan Asam Urat yang Wajib Dihindari

6. Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Kemudian, manfaat jus wortel juga baik untuk kesehatan jantung. Jus wortel dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung.

Sebab, jus wortel adalah sumber potasium yang baik, mineral penting dalam pengaturan tekanan darah yang tepat. 

Diet kalium tinggi telah terbukti melindungi dari tekanan darah tinggi dan stroke. Senyawa antioksidan dalam jus wortel juga dapat bermanfaat bagi jantung.

Baca Juga: 5 Manfaat Makan Sayur Untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Secara Klinis

7. Dapat melindungi hati

Berikutnya, manfaat jus wortel yakni membantu melindungi hati. Karotenoid dalam jus wortel diperkirakan dapat meningkatkan kesehatan hati.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa efek anti-inflamasi dan antioksidan karotenoid melindungi dari penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD).

NAFLD terjadi ketika lemak menumpuk di hati. Hal ini biasanya akibat nutrisi yang tidak sehat, kelebihan berat badan, atau obesitas. Pada akhirnya dapat berkembang menjadi jaringan parut hati dan kerusakan yang bertahan lama.

Baca Juga: Cari Tahu yuk, Inilah Sederet Makanan yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi

8. Menurunkan berat badan 

Manfaat jus wortel selanjutnya adalah berguna untuk menurunkan berat badan. Jenis sayur ini dipenuhi dengan serat yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Tidak hanya itu, wortel juga efektif menstimulasi metabolisme tubuh dan meningkatkan pengeluaran zat racun dari dalam tubuh.

Meski ada sejumlah manfaat jus wortel bagi kesehatan namun, jus wortel mentah sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil, anak kecil, dan penderita penyakit imun atau kekebalan tubuh rendah. 

Baca Juga: Lakukan Rutin! Ini 5 Gerakan Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Mata

Sebab, beberapa wortel mengandung bakteri berbahaya. Selain itu, meminum jus wortel dalam jumlah yang sangat banyak dapat menyebabkan karotenemia. Karotenemia adalah suatu kondisi yang membuat kulit menjadi kuning-oranye akibat tingginya kadar beta karoten dalam darah. 

Selain itu, jus wortel juga memiliki kandungan serat yang lebih sedikit dibandingkan wortel tanpa dijus. Kandungan serat yang lebih rendah berarti gula diserap lebih cepat, jadi minum terlalu banyak jus wortel dapat meningkatkan kadar gula darah. 

Demikian penjelasan mengenai sejumlah manfaat jus wortel untuk kesehatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru