Bisa Kontrol Gula Darah, Ini Ragam Manfaat Sarapan Pagi untuk Tubuh

Rabu, 22 Februari 2023 | 16:57 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Bisa Kontrol Gula Darah, Ini Ragam Manfaat Sarapan Pagi untuk Tubuh


KESEHATAN - Sarapan biasanya dilakukan dengan mengonsumsi makanan di pagi hari. Nah, ada sejumlah manfaat sarapan pagi untuk tubuh dan kesehatan yang sebaiknya tidak dilewatkan. 

Para ahli nutrisi menyatakan bahwa sarapan yang sehat adalah kunci memulai hari. Salah satu manfaat sarapan pagi adalah membuat seseorang bisa berpikir dan bekerja lebih baik. 

Namun, masih banyak orang melewatkan sarapan pagi dan langsung mengonsumsi makanan di siang hari. Padahal, banyak penelitian menjelaskan manfaat sarapan pagi bagi tubuh.

Lantas, apa manfaat sarapan pagi untuk kesehatan?

Baca Juga: 7 Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat sarapan pagi untuk kesehatan 

Manfaat sarapan pagi yang pertama adalah dapat membantu menjaga berat badan ideal.

Berikut alasan pentingnya sarapan bagi tubuh dirangkum dari WebMD:

1. Menjaga berat badan ideal

Manfaat sarapan pagi yang pertama adalah dapat membantu menjaga berat badan ideal. Pada 2017, sebuah ulasan di jurnal Circulation menemukan data yang menunjukkan hubungan antara melewatkan sarapan pagi dan kelebihan berat badan.

Sebab, saat seseorang tidak sarapan di pagi hari maka dia akan cenderung untuk makan berlebihan di siang hari atau memilih cemilan yang tidak sehat. 

Meski demikian, juga harus diperhatikan bahwa jenis asupan yang dipilih saat sarapan mengandung zat yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Baca Juga: Bukan Hanya Penyakit Alzheimer, Inilah 5 Penyebab Sering Lupa yang Harus Diwaspadai

2. Mengontrol gula darah

Selanjutnya, manfaat sarapan pagi adalah dapat mengontrol gula darah. Sarapan dapat membantu menjaga gula darah tetap stabil sepanjang hari.

Untuk orang dengan hasil tes gula darah normal, sarapan dapat membantu menghindari resistensi insulin yang dapat menyebabkan diabetes. 

Baca Juga: Dikenal Tinggi Kalori, Ini 5 Manfaat Santan Kelapa untuk Kesehatan

Selain itu, penurunan dan lonjakan gula darah juga dapat memengaruhi suasana hati, membuat seseorang menjadi gugup atau pemarah. 

Bagi penderita diabetes pun diharuskan untuk tidak melewatkan sarapan lantaran ada obat yang bekerja dalam jangka panjang. Ketika tidak sarapan, maka gula darah bisa menjadi sangat turun. 

Hal ini dapat menyebabkan hipoglikemia, kondisi di mana kadar gula darah sangat rendah. Gejalanya mulai dari pusing, pandangan mata kabur, berdebar, berkunang-kunang, pingsan, sampai dengan koma.

Baca Juga: Lebih Kaya Probiotik dan Protein, Ini 4 Manfaat Yogurt Yunani untuk Kesehatan

Manfaat sarapan pagi juga bagus untuk kesehatan jantung.

3. Bagus untuk jantung

Manfaat sarapan pagi juga bagus untuk kesehatan jantung. Pada 2017, Journal of American College of Cardiology melaporkan bahwa orang yang melewatkan sarapan lebih cenderung mengalami aterosklerosis atau penumpukan lemak, kolesterol, dan zat lain di dalam dinding arteri jantung. 

Saat itulah arteri bisa menyempit dan mengeras karena penumpukan plak yang bisa memicu serangan jantung dan stroke. 

Baca Juga: Makanan dan Minuman yang Kadar Gulanya Tinggi, Terlarang Bagi Penderita Diabetes

Ciri penderita aterosklerosis adalah cenderung memiliki lingkar pinggang yang lebih besar, berat badan berlebih, dan memiliki tekanan darah serta kadar kolesterol yang lebih tinggi.

Jika seseorang tidak sarapan maka bisa berakibat terhadap pola makan yang berlebihan dan mendorong obesitas dan kolesterol tinggi. 

Baca Juga: Stabilkan Glukosa Darah, Berikut Manfaat Sarapan guna Memulai Aktivitas Sehari-hari

4. Bagus untuk kinerja otak 

Manfaat sarapan pagi yang sehat secara teratur membantu seseorang lebih fokus, meningkatkan daya ingat, dan bekerja lebih baik. 

Sebab, tanpa sarapan, tubuh akan masuk ke mode konservasi. Saat itulah otak memperlambat segalanya karena tidak memiliki cukup energi.

Baca Juga: Mudah, Ini Cara Menjaga Berat Badan Ideal, Cek Juga Cara Hitung Berat Badan Ideal

5. Mengembalikan metabolisme tubuh

Mengembalikan metabolisme tubuh juga menjadi salah satu manfaat sarapan pagi. Saat tidur tubuh tidak mengonsumsi makanan sama sekali sehingga pada saat pagi hari, kadar gula dalam tubuh menurun drastis.

Karbohidrat yang dikonsumsi di pagi hari merupakan sumber energi untuk beraktivitas. Namun, jika seseorang melewatkan sarapan pagi maka tubuh terpaksa mengambil cadangan gula dari lapisan otot liver yang disebut glycogen

Kekurangan ini akan menyebabkan metabolisme tubuh tidak seimbang yang dapat berdampak pada berbagai penyakit seperti keluhan di lambung dan maag.

Baca Juga: Kadar Gula Tinggi, Ini 11 Makanan dan Minuman yang Harus Dijauhi Penderita Diabetes

6. Manfaat sarapan pagi untuk kesehatan jangka panjang

Manfaat sarapan pagi untuk kesehatan jangka panjang juga tidak kalah hebatnya. Sarapan adalah salah satu faktor yang dapat mendukung tubuh agar sehat sampai tua. 

Beberapa penyakit seperti tekanan darah tinggi, obesitas, jantung, sampai dengan diabetes memiliki korelasi yang sangat kuat dengan sarapan. 

Dengan sarapan pagi Anda dapat mengurangi penyakit ini agar tidak menyerang untuk jangka panjang.

Itulah sejumlah manfaat sarapan pagi untuk kesehatan dan tubuh yang sebaiknya jangan dilewatkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru