Bisa Mencegah Ketombe, Apa Saja Manfaat Daun Pandan untuk Tubuh?

Selasa, 11 April 2023 | 17:58 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Bisa Mencegah Ketombe, Apa Saja Manfaat Daun Pandan untuk Tubuh?


KESEHATAN - Manfaat daun pandan untuk kesehatan tubuh telah terbukti secara klinis. Oleh sebab itu, manfaat daun pandan untuk kesehatan tubuh sangat menarik perhatian untuk diketahui dan sayang jika dilewatkan. 

Selain itu, daun pandan juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga manfaat daun pandan untuk kesehatan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi. 

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam daun pandan di antaranya seperti protein, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A, vitamin C dan lain-lain.

Baca Juga: 7 Manfaat Kemiri Untuk Kesehatan Tubuh, Ayo Simak!

Tidak berhenti disitu, daun pandan juga termasuk salah satu jenis dedaunan yang cukup banyak diminati dan kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman. 

Lantas apa saja manfaat daun pandan untuk kesehatan tubuh yang dimaksud? 

Melansir dari Health Benefits Times, berikut beberapa manfaat daun pandan untuk kesehatan tubuh yang penting diketahui:

1. Detoksifikasi Tubuh

Salah satu manfaat daun pandan untuk kesehatan tubuh yang cukup menarik perhatian adalah mampu mendetoksfikasi tubuh. Hal tersebut sangat membantu untuk mengeluarkan racun dan zat tidak sehat dalam tubuh.

Baca Juga: 5 Manfaat Kentang Untuk Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui Saat Puasa

2. Mencegah Ketombe

Daun pandan juga dapat dijadikan obat alami untuk mengatasi ketombe. Sehingga, tak jarang daun pandan kerap diolah dan diekstrak menjadi obat alami ketombe serta untuk menjaga kesehatan kulit kepala.

3. Meredakan Sakit Sendi

Manfaat daun pandan untuk kesehatan tubuh selanjutnya yaitu dapat meredakan sakit sendi. Tak heran, daun pandang kerap juga dijadikan pengotanan tradisional untuk menghilangkan rasa sakit.

Para peneliti telah menemukan bahwa minyak yang terbuat dari ekstrak pandan kaya akan fitokimia yang dikenal dapat meredakan gejala radang sendi. Selain itu, daun pandan juga dapat membantu meredakan sakit kepala dan sakit telinga.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga, Wajib Tahu!

4. Membantu Meningkatkan Imunitas Tubuh

Daun pandan juga berperan untuk dapat meningkatkan imunitas tubuh. Pasalnya, daun pandan mengandung vitamin dan antioksidan yang efektif untuk dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat daun pandan untuk kesehatan tubuh ini juga tidak boleh terlewatkan. Pasalnya, daun pandan juga mempunyai peran untuk dapat mengurangi risiko kanker.

Pasalnya, daun pandan kaya akan antioksidan yang membantu mencegah timbulkan kanker dengan melawan racun berbahaya.

Selain itu, efek apoptosis, sitotoksik, antimitotik, dan anti-proliferatif dalam daun pandan dan ekstrak akarnya dapat secara signifikan mengurangi risiko kanker.

Baca Juga: Ayo Simak 5 Manfaat Buah Ceri Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

6. Menghitamkan Rambut

Ekstrak daun pandan juga dipercaya mampu menghitamkan rambut. Potong-potong sekitar 7 lembar daun pandan dan rebus dengan air. Biarkan air mengembun sepanjang malam. Jika Anda memiliki buah mengkudu, Anda dapat mencampurnya dengan air pandan di pagi hari dan memijat kulit kepala Anda. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan efek yang lebih baik.

7. Menjaga Kesehatan Saraf

Daun pandan juga dikenal sangat bermanfaat untuk kesehatan sistem saraf kita. Saraf yang lemah dapat menyebabkan orang mengalami kram sesekali. Saraf yang lemah biasanya disebabkan oleh berkurangnya rangsangan saraf ke bagian tubuh tertentu dan spesifik yang sebelumnya menerima rangsangan itu seperti biasa. 

Oleh sebab itu, daun pandan juga akan membantu meningkatkan kesehatan sistem saraf di tubuh kita. Caranya Anda bisa mengkonsumsi air rebusan daun pandan secara rutin.

Baca Juga: 5 Obat Diabetes Alami yang Mudah Untuk Didapatkan, Ampuh!

8. Menjaga Kesehatan Jantung 

Manfaat daun pandan untuk kesehatan tubuh yang terakhir yaitu mampu menjaga kesehatan jantung. 

Pasalnya, daun pandan adalah sumber karotenoid yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, manfaat daun pandan lainnya mampu mengurangi resiko Aterosklerosis atau penyempitan pembuluh darah jantung akibat penumpukan plak. Itulah beberapa manfaat daun pandan untuk kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru